• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 30 Januari 2023

Warta

Peringatan Maulid Nabi sebagai Ekspresi Gembira dan Rasa Cinta

Peringatan Maulid Nabi sebagai Ekspresi Gembira dan Rasa Cinta
Kiai Hudri saat memberi ceramah di Pondok Pesantren KH. Wahidin Rais, Sabtu (29/10).
Kiai Hudri saat memberi ceramah di Pondok Pesantren KH. Wahidin Rais, Sabtu (29/10).

 

Bandar Lampung, NU Online Lampung

Nabi Muhammad Saw merupakan Rasul yang kisahnya paling lengkap. Belum lahir pun  sudah diceritakan. Demikian disampaikan penceramah dalam acara maulid Nabi Muhammad Saw di Pondok Pesantren KH Wahidin Rais, Kiai Hudri, Sabtu (29/10).

 

Dia menjelaskan, kesempurnaan hidup Rasulullah Saw dapat diketahui dari kisahnya sebelum Allah menciptakan  dunia, dan akan diingat hingga hari kiamat karena jasanya.

 

"Hadirnya Rasulullah Saw ke dunia merupakan nikmat  teragung yang diberikan Allah Swt kepada umat manusia. Lahir di lingkungan keluarga terkemuka Bani Hasyim,Rasulullah Saw tumbuh menjadi orang yang kuat, santun, jujur, dan juga cerdas," katanya.

 

Kiai Hudri melanjutkan kisah Rasulullah Saw. “Beliau merupakan seorang contoh bagi seluruh manusia. Setiap gerakannya merupakan ajaran, bahkan perilaku yang dianggap sebagai kelemahan Rasul, itu justru menunjukkan kesempurnaan Rasulullah Saw,” paparnya.

 

Oleh karena itu sudah sewajarnya, jika umatnya merayakan hari kelahiran Nabi dengan mengadakan peringatan maulid Nabi. Kiai Hudri juga menjelaskan bahwa peringatan maulid Nabi merupakan ekspresi gembira dan rasa cinta. Namun tentu saja jangan sampai berlebihan dengan menempatkan Nabi sebagai Tuhan.

 

“Yang penting kita mencintai Nabi, memuliakan Nabi. Jangan sampai menjadikan Nabi sebagai Tuhan,” tambah Kiai Hudri yang juga guru di MAN 1 Bandar Lampung itu.


Hal itu selaras dengan yang diungkapkan pengasuh pondok pesantren KH Wahidin Rais yakni Estad Ahmad Sukandi. Menurutnya, memperingati maulid Nabi Muhammad Saw merupakan ekspresi gembira dan ungkapan rasa syukur manusia  kepada sang pembawa risalah kebenaran. Mengekspresikan rasa cinta kepada Rasulullah Saw dapat dilakukan dengan  berbagai cara, salah satunya dengan mengadakan peringatan maulid. 

 

(Ulil Hidayat)


Editor:

Warta Terbaru