• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Jumat, 2 Desember 2022

Warta

Pengajian Sambut 1 Muharram di Lampung Barat Dihadiri Ribuan Warga

Pengajian Sambut 1 Muharram di Lampung Barat Dihadiri Ribuan Warga
Ribuan warga hadiri pengajian menyambut 1 Muharram di Lampung Barat
Ribuan warga hadiri pengajian menyambut 1 Muharram di Lampung Barat

Lampung Barat, NU Online Lampung : Pengajian rutin enam bulanan yang digelar oleh Keluarga Besar Nahdlatul Ulama (KBNU) Kecamatan Bandar Negeri Suoh mendapat apresiasi luar biasa dari masyarakat setempat. Sekitar 2000-an warga hadir dalam pengajian yang juga dirangkai dengan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 itu. 

 

Pengajian yang digelar di Lapangan Pasar Sukajadi, Kecamatan Bandar Negeri Suoh, Minggu (31/7/2022) malam, menghadirkan penceramah KH Abdul Karim Mahfudz atau Gus Karim dari Kabupaten Mesuji.

 

"Pada momen peringatan 1 Muharam ini, mari kita bermuhasabah. Nabi mengatakan, barang siapa yang hari ini lebih baik dari hari-hari sebelumnya, maka orang itu adalah orang yang bahagia dan beruntung.  Dan barangsiapa yang hari ini sama dengan sebelumnya maka dia termasuk orang yang merugi," kata  Gus Karim.

 

Pengajian dan peringatan 1 Muharam itu juga dirangkai dengan pelantikan pengurus 10 Ranting NU di Kecamatan Bandar Negeri Suoh. 

 

"Semoga amanah para pengurus ranting NU yang baru dilantik. Jadi Pengurus NU itu tidak ada gajinya, tapi berikanlah pengabdian terbaik untuk NU," pesan Gus Karim.

 


Sementara Ketua PCNU Lampung Barat, KH M Danang Hari Suseno mengajak seluruh pengurus Ranting NU untuk menjaga kekompakan. "Pengurus NU itu bukan hanya mengurusi pengajian–pengajian saja, tetapi dalam menjalankan roda organisasi harus sejalan dengan pemerintahan. Tidak boleh nyeleneh-nyeleneh fiqroh-nya (pemikirannya),” kata Kiai Danang.

 


Dia menegaskan, tugas para pengurus NU bukan hanya mensyiarkan agama Islam dari pengajian ke pengajian. Tetapi juga harus berkiprah dapat menggerakkan bidang di luar keagamaan, seperti pendidikan, kesehatan, pertanian dan perekonomian.

 

“Sehingga ke depan dapat  bersinergi dengan aparat Pekon (desa) masing-masing, dalam  membina warga Nahdliyin menjadi warga yang mandiri, ” ujar Kiai Danang.

 


Dia juga mengucapkan terima kasih kepada pengurus Majelis Wakil Cabang (MWCNU) se-Lampung Barat atas kinerjanya selama ini. "PCNU Lampung Barat baru saja mendapat predikat “paling baik” dari hasil penilaian PWNU Lampung.  Predikat tersebut tentu tak lepas dari hasil kinerja para pengurus MWC dalam menjalankan perkumpulan NU ini, " katanya.

 


Turut hadir di acara pengajian dan pelantikan pengurus Ranting tersebut,  anggota DPRD Lampung Barat, Camat, Kapolsek, dan undangan lainnya.

(Duta Suhanda)


Warta Terbaru