• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Kamis, 20 Juni 2024

Warta

Mengenal Universitas Malahayati Salah Satu Lokasi Muktamar Ke-34 NU di Lampung

Mengenal Universitas Malahayati Salah Satu Lokasi Muktamar Ke-34 NU di Lampung
Univerrsitas Malahayati Lampung (foto ist).
Univerrsitas Malahayati Lampung (foto ist).

Bandar Lampung, NU Online Lampung

Salah satu lokasi yang akan digunakan dalam pelaksanaan Muktamar ke-34 NU di Lampung adalah Universitas Malahayati. Kampus itu terletak di Jalan Pramuka Nomor 27, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung.

 

Universitas itu memiliki lahan seluas 84 hektar. Berbagai fasilitas tersedia di kampus tersebut. Diantaranya asrama mahasiswa dan dosen, area olahraga seperti golf, badminton, futsal, dan kolam renang, serta tempat kuliner.

 

Selain itu ada juga Gedung Serba Guna (GSG) Graha Bintang yang dapat menampung ribuan orang. Kampus  juga memiliki fasilitas kesehatan berupa Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin yang berada di dalam  area kampus.

 

Kampus itu juga dilengkapi dengan helipad bila ada tamu yang datang menggunakan helikopter.

 

Perjalanan menuju Universitas Malahayati  pun terbilang mudah. Kampus ini hanya berjarak 19 km dari Bandar Udara Raden Intan, Lampung Selatan, atau 16 km dari Gerbang Tol Natar.

 

Ketika masuk ke gerbang kampus, muktamirin akan menempuh jalan yang menanjak dengan melewati Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin, yang terdiri dari dua gedung menjulang berwarna hijau.

 

Muktamirin terus mengambil jalan sebelah kanan untuk menuju Gedung Terpadu Universitas Malahayati. Di sini ada sembilan gedung yang tersebar di lahan seluas tiga hektar. Antargedung pun terkoneksi dengan jembatan, jadi tak perlu naik turun tangga untuk berpindah gedung.

 

Sekretaris Organizing Committe (OC) muktamar, Syahrizal, mengatakan, penginapan untuk para muktamirin di Bandar Lampung sudah siap.

 

"Beberapa tempat yang disiapkan diantaranya adalah UIN Raden Intan dan Universitas Malahayati," katanya dalam rapat persiapan muktamar, di lantai 8 Gedung PBNU, Jalan Kramat Raya 164, Jakarta Pusat, pada Senin (1/11).

 

Syahrizal menjelaskan, terdapat beberapa fasilitas yang juga bisa dipakai untuk penginapan, diantaranya  Universitas Lampung (Unila) dan Islamic Center.

 

"Jadi panitia lokal sudah menyatakan siap menyediakan penginapan untuk seluruh peserta muktamar jika sepenuhnya dilakukan di Bandar Lampung, " katanya seperti dikutif dari NU Online.

 

Sementara itu Rektor Universitas Malahayati, dr Ahmad Farich, mengungkapkan, ada 139 kamar yang memuat 650 orang.

 

"Selain itu ada juga 63 kamar besar yang dapat menampung 600 orang," ujar  Farich saat dihubungi NU Online Lampung, Rabu (3/11).

 

Ia menambahkan, pihaknya juga akan menyiapkan ruang pertemuan sebanyak 7 ruangan dengan kapasitas 350 hingga 500 orang.

 

“Kemudian ada 2 gedung dengan kapasitas 2000 sampai 3.500 orang, serta ada 1 ruang pertemuan semi terbuka dengan kapasitas 2000 orang," papar Wakil Ketua Tanfidziyah PWNU Lampung ini.

 

Selain Kampus Malahayati, pelaksanaan muktamar yang akan diselenggarakan pada 23-25 Desember mendatang adalah Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung dan Pondok Pesantren Darussya'adah. Panitia nasional sudah melakukan survei ke tiga lokasi tersebut.


(Dian Ramadhan)

 


Warta Terbaru