• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 30 Januari 2023

Warta

Jamaah Haji Asal Way Kanan, Akan Tiba pada 2 Agustus 2022 Mendatang

Jamaah Haji Asal Way Kanan, Akan Tiba pada 2 Agustus 2022 Mendatang
Rapat Persiapan Penjemputan Jamaah Haji Way Kanan (Foto: Istimewa)
Rapat Persiapan Penjemputan Jamaah Haji Way Kanan (Foto: Istimewa)

Way Kanan, NU Online Lampung

Pemerintah Kabupaten Way Kanan menyiapkan penjemputan jamaah haji, melalui Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Way Kanan, Saipul memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan penyambutan jamaah haji Kabupaten Way Kanan 2022 di ruang rapat Sekdakab Way Kanan, Selasa (26/7/2022). 


“Persiapan penyambutan jamaah haji Kabupaten Way Kanan akan dilaksanakan pada Selasa (2/8/2022) Pukul 15.00 WIB, harus dilakukan dengan sebaik-baiknya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi,” ujarnya.


Lebih lanjut ia mengatakan seperti tahun lalu, akan dilakukan sistem pengambilan barang jamaah yang sama dengan diambil langsung oleh jamaah atau bila berwakil maka pihak keluarga harus dapat menunjukkan paspor jamaah haji. 


“Untuk mengurangi kemungkinan hilang atau tertukarnya barang bawaan jamaah haji, maka barang bawaan harus diambil sendiri oleh jamaah haji baru kemudian diserahkan kepada pihak keluarga, atau apabila berwakil maka pihak keluarga harus menunjukkan paspor jamaah haji untuk pengambilan barang bawaan dan harus mendapatkan pengawasan ketat oleh pihak panitia,” ungkapnya.


Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Way Kanan, H Helmi mengatakan, telah dilakukan rapat persiapan penyambutan jamaah haji asal Way Kanan dengan aparat dan instansi terkait.


“Dari informasi seluruh jamaah haji Kabupaten Way Kanan dalam keadaan sehat wal ‘afiat dan sesuai dengan  agenda akan tiba di tanah air pada Selasa, 2 Agustus 2022, selanjutnya akan tiba di Way Kanan pada pukul 20.00 WIB,” katanya. 


Menurutnya semua telah siap, baik pengawalan dari pihak Kepolisian, Dinas Perhubungan, dan Dinas Kesehatan untuk melakukan penjemputan jamaah haji dari Bandara. 


Sementara itu Kepala Bagian kesejahteraan rakyat (Kabagkesra) Kabupaten Way Kanan, Andi Oktoviandi mengatakan, terkait persiapan penyambutan jamaah haji, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kemenag Way Kanan dan telah dilakukan rapat koordinasi bersama dengan instansi terkait.


“Untuk lokasi penyambutan jamaah haji di Kabupaten Way Kanan, kami ada dua alternatif lokasi yakni Rumah Dinas Bupati atau Gedung serbaguna (GSG) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Way Kanan,” ujarnya.


Sebelumnya Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya melepas 106 orang jamaah haji dan 1 orang pendamping untuk menunaikan ibadah haji tahun 1443 H/2022, bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Pemkab Way Kanan pada 21 juni 2022 yang lalu. (Teddy Heriyanto)
 


Warta Terbaru