• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 30 Januari 2023

Warta

Maksimalkan Peserta Asli Daerah, Way Kanan Siap Ikuti MTQ Ke-49 Provinsi Lampung

Maksimalkan Peserta Asli Daerah, Way Kanan Siap Ikuti MTQ Ke-49 Provinsi Lampung
Rapat Persiapan MTQ ke-49 Provinsi Lampung oleh Kabupaten Way Kanan
Rapat Persiapan MTQ ke-49 Provinsi Lampung oleh Kabupaten Way Kanan

Way Kanan, NU Online Lampung

Pemerintah Kabupaten Way Kanan siapkan kafilah untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-49 Provinsi Lampung. Dalam ajang MTQ ini kabupaten mempersiapkan dan memaksimalkan peserta asli daerah.


Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Way Kanan, H Helmi dalam rapat persiapan MTQ di ruang rapat Sekretariat Daerah Kabupaten Way Kanan, Selasa (26/7/2022).


“Pentingnya dilakukan persiapan dan persiapan kafilah dari segala aspek, persiapan meliputi kesiapan para peserta yang akan diikutkan pada MTQ nanti. Perlu ada kepastian bahwa para peserta yang sudah didaftarkan benar-benar pasti untuk ikut berkompetisi di ajang MTQ  ke-49 tingkat Provinsi Lampung,” ujarnya.


Menurutnya dari hasil rapat tersebut disepakati bahwa Kabupaten Way Kanan akan memaksimalkan kafilah yang asli berasal dari Kabupaten Way Kanan. Walaupun dari kuantitas kafilahnya kurang, namun ia berharap dapat menghasilkan yang maksimal karena mengingat saat ini telah dilakukan pembinaan terhadap para peserta.


“Jadi hasil dari rapat tadi kita akan memaksimalkan kafilah yang asli berasal dari Way Kanan, memang kalau dilihat dari jumlah kafilah yang ada masih kurang tapi mudah-mudahan hasilnya maksimal,” ungkapnya. 


Terkait target dari MTQ tersebut ia mengatakan bahwa pihaknya tidak memiliki target karena juara bukan target, namun yang terpenting bagaimana dapat mengikuti acara tersebut dengan memaksimalkan kafilah yang asli dari daerah sendiri.


Penyelenggara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-49 tingkat Provinsi Lampung Tahun 2022 ini tentunya membuat seluruh pemerintah Kabupaten atau Kota se-Provinsi Lampung harus mempersiapkan diri dari sekarang dalam mempersiapkan kafilahnya untuk ikut dalam ajang tersebut.


MTQ ke-49 Provinsi Lampung direncanakan berlangsung pada Desember 2022 mendatang, yang berarti hanya menyisakan waktu lima bulan untuk mempersiapkan segala kebutuhan kafilah. Mulai dari administrasi para peserta, pemondokan, konsumsi, transportasi, personil ofisial, dan seluruh sumber daya yang menjadi prioritas dalam kesuksesan pada MTQ tersebut.


Sementara itu Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabagkesra) Kabupaten Way Kanan, Andi Oktoviandi mengatakan, telah melaksanakan rapat pertama terkait persiapan untuk mempersiapkan kafilah yang akan didaftarkan pada 10 Agustus mendatang.


“Telah disepakati akan memberdayakan para kafilah yang ada di Kabupaten Way Kanan serta akan memaksimalkan pelatihan terhadap para kafilah yang ada jelang pelaksanaan MTQ ke-49 tingkat Provinsi Lampung,” ungkapnya.


Lebih lanjut ia mengatakan pendaftaran peserta MTQ akan dilakukan secara online mulai (8-26/8/2022), setelah itu akan dilakukan pembinaan kepada para kafilah dimulai dari bulan September hingga jelang pelaksanaan MTQ.


Menurutnya potensi kafilah yang ada sudah sangat baik sehingga tepat jika akan memaksimalkan kafilah yang ada di Way Kanan agar dapat bersaing dengan daerah lain.


Diketahui penyelenggaraan MTQ ke-49 tingkat Provinsi Lampung 2022 akan dilaksanakan di Kabupaten Mesuji pada Desember 2022 mendatang. Adapun sesuai perubahan cabang lomba golongan Tartil Al-Qur’an, Anak-anak, 1 Juz dan Tilawah peserta diwajibkan berasal dari potensi asli kabupaten atau kota berdomisili. (Teddy Heriyanto)
 


Warta Terbaru