• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Minggu, 25 September 2022

Warta

Pesantren Nurul Falah Waykanan, Gaungkan Gerakan Ayo Mondok

Pesantren Nurul Falah Waykanan, Gaungkan Gerakan Ayo Mondok
Kegiatan safari Ramadhan pesantren Nurul Falah, Sukamaju
Kegiatan safari Ramadhan pesantren Nurul Falah, Sukamaju

Way Kanan, NU Online Lampung
Pesantren Nurul Falah Sukamaju, Kecamatan Bumi Agung, Kabupaten Waykanan kembali menggaungkan gerakan ayo mondok dalam rangkaian Safari Ramadhan yang dilaksanakan di Masjid kampung Gedung Harapan Kecamatan Negeri Agung, Sabtu (16/4/2022).


Pengasuh Pesantren Nurul Falah, Kiai Muhammad Sufandri menyampaikan dalam ceramahnya, anak yang sudah dibekali dengan ilmu agama yang kuat, akan berpikir panjang bila melakukan sesuatu, sehingga mempunyai filter. Untuk itu mari antar anak-anak untuk belajar ke Pondok Pesantren.


“Sebenarnya kehidupan di pesantren merupakan refleksi kehidupan nyata dalam bentuk yang lebih kecil dari kehidupan bermasyarakat. Karena ketika di pesantren kita akan menjumpai orang yang memiliki sifat yang berbeda-beda,” ujarnya.


Selain itu, di pesantren juga mencetak generasi yang pintar dan juga benar, bukan hanya pintar tapi tingkah lakunya kurang benar. Kemudian bukan hanya mencetak orang yang benar saja tapi tidak pintar. Pesantren adalah alternatif terbaik untuk mewujudkan keduanya, selain benar juga pintar yaitu antara kecerdasaan dan akhlak.


Sementara itu Kepala Kampung Gedung Harapan, Indra mengucapkan, terima kasih atas terlaksananya kegiatan safari Ramadhan di kampungnya, dan berharap kegiatan safari Ramadhan Pesantren Nurul Falah bisa menjadi kegiatan rutin setiap Ramadhan yang dapat dilaksanakan di kampung Gedung Harapan.


“Pendidikan di pesantren itu lebih efektif dari pada kita harus terus mengawasi anak di rumah. Terkadang anak bermain hp tidak semata mencari ilmu  bermanfaat, tapi hal-hal lain yang sering bertentangan dengan ajaran agama,” katanya.

(Heri Amanudin)
 


Warta Terbaru