• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Sabtu, 4 Februari 2023

Warta

Daun Ini Jadi Resep Rahasia Sehat Alami ala Prof Mukri

Daun Ini Jadi Resep Rahasia Sehat Alami ala Prof Mukri
Daun Ini Jadi Resep Rahasia Sehat Alami ala Prof Mukri. (Foto: NU Online/Faizin)
Daun Ini Jadi Resep Rahasia Sehat Alami ala Prof Mukri. (Foto: NU Online/Faizin)

Bandarlampung, NU Online Lampung
Badan sehat menjadi idaman setiap individu. Dengan kesehatan yang terjaga, setiap orang bisa menjalankan aktivitas keseharian dengan lancar. Namun seiring usia terus bertambah, berbagai keluhan tentang kesehatan sering kali mulai dirasakan.


Untuk menjaga kondisi tubuh senantiasa sehat, banyak hal yang dilakukan orang di antaranya dengan mengonsumsi obat. Namun tidak jarang orang menggunakan resep tradisional alami turun temurun dengan memanfaatkan berbagai jenis tumbuhan yang ada di sekitar lingkungan.


Resep sehat alami menggunakan bahan-bahan tradisional alami inilah yang digunakan Ketua pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Prof KH Mohammad Mukri untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Tokoh yang saat ini sudah memasuki umur 63 tahun tersebut tetap terlihat sehat dan bugar dengan mengonsumsi resep alami ini.


Padahal kesibukan luar biasa senantiasa dilakoni setiap hari. Tidak hanya di Lampung, namun juga saat menjalankan tugas di luar daerah. Seperti diketahui bahwa Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Lampung ini juga mengemban amanah lain seperti menjadi Rektor Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar jawa Timur.


Pada Selasa (24/1/2023), Prof Mukri membeberkan rahasia selalu tampil bugar dan bisa terus menjalankan aktivitas padat kepada NU Online. Rahasia tersebut adalah dengan mengonsumsi rebusan daun sirih merah yang sengaja ia tanam di samping rumahnya.


Alhamdulillah dengan mengonsumsi rebusan daun sirih merah, kondisi kesehatan stabil. Tensi darah normal dan dokter mengatakan tak ada masalah kesehatan serius,” ungkapnya.


Prof Mukri mengaku bahwa ia termasuk jarang mengkonsumsi suplemen atau jenis obat-obatan lain untuk menambah stamina. Dengan tiga lembar daun sirih merah yang direbus dengan 2 gelas air dan menjadikannya menjadi 1 gelas kemudian dikonsumsi 1 minggu sekali, ia merasa badan senantiasa fit.


Jurnalis NU Online sempat mencicip rasa dari rebusan daun tersebut. Memang rasanya sangat pahit namun bisa dipadu dengan madu agar rasa pahitnya berkurang. “Nih, disambung pakai madu biar hilang pahitnya,” katanya menyodorkan satu sendok madu setelah NU Online mencoba resep tersebut.


Dilansir Alodokter daun sirih merah memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Hal ini sudah sudah diketahui sejak dahulu kala secara turun temurun sebagai salah satu obat tradisional di Indonesia untuk menangani sejumlah masalah kesehatan.


Daun sirih merah atau Piper crocatum memiliki beragam senyawa yang terkandung di dalamnya, seperti flavonoid, fenol, alkaloid, polifenolat, tanin, saponin, dan senyawa minyak atsiri. Di antara manfaat daun sirih merah bagi kesehatan adalah bisa mempercepat penyembuhan luka, mencegah infeksi bakteri, mengobati rheumatoid arthritis, melawan radikal bebas, mengobati diabetes, dan mencegah pembentukan plak gigi.


Namun, jika Anda ingin menggunakan daun sirih merah sebagai obat untuk mengatasi penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Dengan begitu, dokter bisa merekomendasikan pengobatan yang tepat, sesuai kondisi kesehatan Anda.


Editor:

Warta Terbaru