• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Minggu, 27 November 2022

Tokoh

Dua Pengurus LP Ma’arif NU Lampung Ikut TOT yang Diisi Tokoh Nasional

Dua Pengurus LP Ma’arif NU Lampung Ikut TOT yang Diisi Tokoh Nasional

PRINGSEWU – Dua anggota Pengurus Wilayah Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU Lampung siap mengikuti Training of Trainer (TOT) selama tiga hari yang digelar LP Ma'arif PBNU yang digelar selama tiga hari di Hotel Bintang Jakarta Pusat, 20-22 Desember 2019.

Dua anggota yang diutus PW LP Ma'arif NU Lampung tersebut yaitu Wakil Sekretaris Muhammad Idris, M.Pd.I dan Wakil Bendahara Adhar Al Mursyid, M.Pd. Keduanya merupakan utusan dari Lampung yang nantinya akan bergabung dengan pengurus LP Ma'arif NU se-Indonesia yang sebelumnya telah mengikuti Madrasah Kader Nahdlatul Ulama pada 11-13 Oktober 2019 lalu.

Menurut rencana kegiatan TOT LP Ma'arif NU ini akan dihadiri oleh sejumlah tokoh top. Pertama, dibuka secara langsung oleh Ketua Umum PBNU Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj, M.A.

Beberapa tokoh nasional yang akan menjadi narasumber diantaranya Drs. KH. Z. Arifin Junaidi, MBA yang membahas tentang 'Pengarahan: Review Kema’arifan & Tantangan Pendidikan di Era Digital'; kemudian 'Arah Cita-Cita Strategi dan Program Perjuangan NU' oleh Drs. KH. Sulthonul Huda, M.Si; lalu 'Relasi dan Respons NU Terhadap Ideologi, Negaradan Wawasan Islam Nusantara' oleh Ir. KH. Suwandi D Pranoto.

Kemudian materi tentang 'Dakwah Melalui Teknologi Informasi dan Pengembangan Ekonomi NU' oleh Drs. KH. Masduki Baidlowi; lalu 'Dasar Pemikiran dan Pengantar MKNU serta Rencana Tindak Lanjut' oleh Dr. KH. Endin A.J Soefihara, M.M; 'Analisis SWOT: Pemetaan Kondisi Ma’arif NU, Stakeholder dan Kebijakan Pendidikan di Indonesia' oleh Direktur PP Lakpesdam PBNU Dra. Hj. Lilis Nurul Husna, serta 'Merumuskan Isu, Program Strategis serta Rencana Aksi (Action Plan) Ma’arif NU' oleh KH. Suharto.

Wakil Sekretaris PW LP Ma'arif NU Lampung Muhammad Idris, M.Pd.I mewakili Ketua Dr. Hi. Subandi, M.M mengatakan peserta dari masing-masing provinsi diwakili dua orang sebagai lanjutan dari Madrasah Kader Nahdlatul Ulama LP Ma'arif PBNU se-Indonesia. 

Idris menyebutkan, TOT tersebut, direncanakan akan dibuka oleh Prof Dr KH Said Aqil Siradj, MA. "Rencananya besok akan dibuka langsung oleh Ketua Umum PBNU Bapak Profesor Kyai Said Aqil Siradj dan Ketua LP Ma'arif PBNU Pak Kyai Arjuna (Z. Arifin Junaidi). Mohon doanya semoga dilancarkan kegiatannya dan kita berangkat besok pagi lewat maskapai Sriwijaya Air,” ucap pria yang sedang studi S3 di UIN Raden Intan Lampung ini.

Dari jadwal diterima, proses TOT sendiri berjalan secara maraton dimulai pukul 05.00 sholat subuh, olahraga, mandi dan sarapan, kemudian materi dan ishoma pukul 08.00 WIB dan akan berakhir pukul 23.00 WIB.  (idris)


Editor:

Tokoh Terbaru