• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Jumat, 9 Desember 2022

Syiar

Malam Jumat Dianjurkan Shalat Sunnah, Ini Lafal Niatnya 

Malam Jumat Dianjurkan Shalat Sunnah, Ini Lafal Niatnya 
ilustrasi shalat
ilustrasi shalat

Sebagaimana hari Jumat, pada malam Jumat juga banyak amalan yang bisa kita lakukan. Hal ini karena Allah memuliakan umat Muhammad saw dengan hari Jumat, yang tidak diberikan kepada umat-umat nabi sebelumnya 


Diantara amal ibadah yang bisa kita lakukan di malam Jumat adalah shalat sunnah malam Jumat. Ibadah ini mempunyai keutamaan besar.

 

Dilansir dari Ini Lafal Niat Shalat Sunnah Malam Jumat ,  sabda Nabi Muhammad saw: Barang siapa sembahyang sunnah dua rakaat pada malam Jumat dibaca ayatnya sesudah Fatihah Iza Zulzilatil Ardhu hingga akhirnya lima belas kali berturut-turut dalam kedua rakaanya, ia tiada dimatikan Allah Ta‘ala hingga dilihatnya akan tempatnya di dalam surga,(Perukunan Melayu, ikhtisar dari karya Syekh M Arsyad Banjar, [Jakarta, Al-Aidarus: tanpa tahun], halaman 44-45).


Berikut ini adalah lafal niat shalat sunnah malam Jumat.


أُصَلِّيْ السُنَّةَ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى


Ushalli sunnata rak‘ataini lillāhi ta‘ālā.


Artinya: Aku menyengaja sembahyang sunnah ba‘diyyah Jumat dua rakaat karena Allah swt


Selain shalat sunnah itu masih banyak lagi yang dapat kita lakukan di malam Jumat. Seperti membaca Surat Al-Kahfi, Surat Yasin, Surat Al-Jumuah  dan memperbanyak shalawat Nabi. 

 

Hari Jumat merupakan sayyidul ayyam, atau hari yang sangat terhormat dalam sepekan. Sudah selayaknya kita meningkatkan amal ibadah pada hari tersebut, termasuk pada malam Jumat.


Syiar Terbaru