• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Selasa, 16 Agustus 2022

Syiar

Keutamaan Berbagi di Hari Asyura, 10 Muharram

Keutamaan Berbagi di Hari Asyura, 10 Muharram
Hari Asyura 10 Muharam
Hari Asyura 10 Muharam

Pada bulan Muharram yang mulia ini ada banyak keberkahan dan pahala yang dapat kita raih. Sesuai namanya, bulan Muharram yang disebut juga dengan syahrullah, atau bulan Allah, yang mengandung makna kemuliaan dan keistimewaan Muharram dibanding bulan lainnya. 

 

Karena itu, sudah selayaknya kita memanfaatkan bulan pertama di tahun hijriah ini dengan melakukan sejumlah amalan kebaikan. Selain berpuasa pada hari Asyura, kita juga dianjurkan untuk berbagi rezeki pada hari tersebut. Hari Asyura pada tahun ini bertepatan pada hari Senin, 8 Agustus 2022. 

 

Rasulllah saw bersabda :

 

  من وسع على عياله في يوم عاشوراء وسع الله عليه في سنته كلها 

Artinya :  Orang yang melapangkan keluarganya pada hari Asyura, maka Allah akan melapangkan hidupnya pada tahun tersebut (HR At-Thabrani dan Al-Baihaqi).

 

Dilansir dari NU Online pada artikel Keutamaan Berbagi di Hari Asyura, yang dimaksud melapangkan keluarga di sini adalah mencukupi kebutuhan hidup keluarga, yaitu kebutuhan makanan ataupun kebutuhan lain. 

 

Dalam hadits diatas dijanjikan bagi orang yang mencukupi kebutuhan keluarganya, kebutuhan hidupnya akan dilapangkan rezekinya dalam setahun. Kebenaran hadits ini pernah dibuktikan oleh Sufyan As-Tsauri.

 

 Ia berusaha untuk melapangkan kehidupan keluarganya pada hari Asyura. Setelah itu, ia merasakan kalau kehidupannya dilapangkan sebagaimana dijanjikan dalam hadits di atas.

 

  إنا قد جربناه فوجدناه كذلك 

 

Artinya : Kami pernah mencobanya, dan kami memperoleh ganjarannya (kelapangan). 

 

Berbagi di hari Asyura kepada keluarga itu baik dan dianjurkan,  namun tentunya akan lebih baik pula bila kita bisa berbagi juga kepada orang lain yang membutuhkan.  

 

Meski demikian, harapannya berbagi itu tidak hanya dilakukan pada hari Asyura saja. Namun pada tanggal 10 Muharram tersebut, kita usahakan menambah kuantitas berbagi pada keluarga dan sesama agar mendapat kesunnahan.


Syiar Terbaru