• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Sabtu, 18 Mei 2024

Pemerintahan

Seleksi Calon Anggota Paskibraka Tingkat Provinsi Lampung Dibuka Sampai 17 Mei

Seleksi Calon Anggota Paskibraka Tingkat Provinsi Lampung Dibuka Sampai 17 Mei
Seleksi Calon Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2024 Resmi Dibuka, Senin (13/5/2024)
Seleksi Calon Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2024 Resmi Dibuka, Senin (13/5/2024)

Bandar Lampung, NU Online Lampung

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto membuka secara resmi seleksi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2024 di Gedung Pusiban, Senin (13/5/2024).

 

Kegiatan yang dilaksanakan secara rutin oleh Pemerintah Provinsi Lampung melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik dan Dinas Pemuda dan Olah raga Provinsi Lampung ini  dilaksanakan mulai tanggal 12 Mei 2024 sampai dengan 17 Mei 2024.  Tujuannya adalah mengarustamakan Pancasila dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKR)I melalui pembinaan ideologi berkelanjutan.

 

Gubernur Lampung dalam sambutan yang disampaikan oleh Sekdaprov  Fahrizal menyampaikan salam hormat dan apresiasinya atas perjuangan para calon anggota Paskibraka tahun 2024 hingga sampai di seleksi tingkat Provinsi.

 

"Saya ucapkan selamat dan bangga kepada adik-adik semua, sudah bisa hadir di sini untuk menjadi anggota Paskibraka tingkat Provinsi Lampung, yang merupakan perjuangan luar biasa," katanya.

 

Seleksi ini dilaksanakan untuk mencari yang terbaik dan betul-betul siap, baik secara fisik, mental dan kecerdasan untuk menjadi anggota Paskibraka Provinsi Tahun 2024. "Nantinya akan dipilih peserta untuk mewakili Provinsi Lampung menjadi Paskibraka tingkat Nasional yang direncanakan akan dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan akan menjadi upacara pengibaran bendera pertama di Ibu Kota Negara yang baru," ungkapnya.

 

Gubernur Lampung juga mengatakan bahwa bagi peserta terpilih akan mendapatkan pembinaan lanjutan berupa wawasan kebangsaan, ideologi Pancasila dan parade kesamaptaan yang diharapkan dapat memahami secara utuh makna dari pengibaran bendera yang hakiki.

 

Paskibraka bukan hanya sekadar menaikkan bendera, namun lebih jauh dari itu bendera merupakan simbol kedaulatan dan eksistensi suatu negara. Hal tersebut sudah ditunjukkan oleh para pemuda pejuang terdahulu dalam aksi heroiknya saat mengibarkan bendera merah putih di atas Hotel Yamato yang dikenal dengan peristiwa 10 November yang diperingati sebagai hari Pahlawan.

 

"Peristiwa tersebut menjadi salah satu contoh agar para anggota Paskibraka Provinsi Lampung yang terpilih nantinya dapat menjadi raw model atau contoh bagi pemuda dan pelajar lainnya dalam membangun semangat kebangsaan dan penanaman nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," tegas Gubernur Arinal Djunaidi.

 

"Adik-adik harus bisa menjadi contoh yang baik bagi pemuda yang lainnya, tidak hanya saat menjadi Paskibraka namun nanti setelah menjadi Purna Paskibraka dengan tetap menjaga nama baik dan identitas sebagai anggota Paskibraka," lanjutnya.

 

Mengakhiri sambutannya Gubernur Lampung mengatakan bahwa pada tahun 2045 merupakan 100 tahun perayaan kemerdekaan Republik Indonesia dan menjadi target untuk menjadikan momen negara Indonesia sebagai Indonesia Emas 2045 yang setara dengan negara-negara maju.

 

"Untuk itu para anggota paskibraka yang saat ini berusia di kisaran 17 dan 18 tahun diharapkan sudah menjadi sosok-sosok pemimpin dan pembaharu yang sukses dalam bidangnya masing-masing diusianya yang mencapa 38 sampai 40 tahun di tahun 2045 mendatang," pungkasnya.

 

Dalam kesempatan tersebut Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Lampung yang diwakili oleh Sekretaris Badan Kesbangpol Provinsi Lampung Herman Saleh dalam laporannya menyampaikan bahwa para peserta seleksi calon anggota Paskibraka Provinsi Lampung pada tahun 2024 berjumlah 83 orang, yang terdiri dari pelajar SMA dan SMK yang merupakan hasil seleksi tingkat Kabupaten/Kota se-Provunsi Lampung.

 

Peresmian seleksi calon Anggota Paskibraka Provinsi Lampung tahun 2024 ditandai dengan penyematan tanda peserta seleksi calon anggota Paskibraka Provinsi Lampung Tahun 2024 kepada dua perwakilan peserta oleh Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminto didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olah raga Provinsi Lampung Descatama Paksi Moeda dan Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Lampung yang diwakili oleh Sekretaris Badan Kesbangpol Provinsi Lampung Herman Saleh.


Pemerintahan Terbaru