• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Jumat, 12 April 2024

Pemerintahan

Jelang Idul Fitri, Pemerintah Gelar Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan

Jelang Idul Fitri, Pemerintah Gelar  Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan
Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan jelang Hari Raya Idul Fitri secara virtual, diikuti Pemprov dan Pemda Se-Indonesia, Senin (1/4/2024).
Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan jelang Hari Raya Idul Fitri secara virtual, diikuti Pemprov dan Pemda Se-Indonesia, Senin (1/4/2024).

Bandar Lampung, NU Online Lampung

Jelang Hari Raya Idul Fitri, pemerintah RI  menggelar Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan.  Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto dan jajaran mengikuti melalui Virtual Meeting di Ruang Command Center Lt II Diskominfotik Provinsi Lampung, Senin (01/04/2024).

 

Pada kegiatan Apel Siaga juga dilaksanakan Gerakan Pangan Murah dan pelepasan puluhan mobil pangan ke berbagai titik di Jakarta dan sekitarnya.

 

Gerakan Pangan Murah ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengendalikan gejolak inflasi pangan jelang Hari Raya Idul Fitri 2024 yang disebabkan oleh meningkatnya permintaan bahan pangan secara signifikan jelang lebaran.


Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi, menyampaikan bahwa badan pangan bersama BUMN pangan, stakeholders pangan, para asosiasi yang hadir, beberapa orang-orang di produksi, Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri beserta jajarannya, serta seluruh Pemprov dan Pemda di Indonesia akan melakukan Gerakan Pangan Murah sampai tanggal 9 April mendatang.

 

“Kita harapkan masyarakat di seluruh Indonesia bisa mendapatkan kebutuhan pokok mempersiapkan lebaran dengan baik,” katanya.


Gerakan Pangan Murah akan diselenggarakan di 38 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota melalui fasilitas distribusi dari wilayah produsen yang mengalami surplus ke wilayah konsumen yang mengalami defisit, serta menyalurkan bantuan pangan ke masyarakat berpenghasilan rendah sekaligus melakukan pengawasan ketat terhadap harga pasar.

 

Dalam Gerakan Pangan Murah tersebut, tersedia berbagai kebutuhan pokok seperti beras, minyak, daging, telur, gula, bawang merah, bawang putih, dan lain-lain. Dimana nantinya kebutuhan pokok tersebut dapat dibeli oleh masyarakat dengan harga di bawah harga pasar.

 

Gerakan ini juga merupakan upaya pemerintah yang dalam hal ini Bapanas untuk menstabilkan pasokan dan harga pangan jelang Hari Raya Idul Fitri 2024.


Sementara Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan,  menyampaikan bahwa memasuki hari ke-21 Bulan Ramadan ini harga-harga cenderung turun. 


“Ada beberapa yang masih harganya cukup tinggi, tapi saya kira sebagian besar terutama Jawa dan Sumatera, harga-harga sudah mulai terkendali karena produksinya juga meningkat," katanya.


Pemerintahan Terbaru