Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya

Warta

Diikuti Ratusan Peserta, PMII Komisariat Unila Gelar Mapaba

Mapaba Raya PMII Unila (Foto: Istimewa)

Tanggamus, NU Online Lampung

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Universitas Lampung (Unila) menyelenggarakan Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba) Raya di Villa Dio Teluk Kiluan Tanggamus pada Sabtu-Ahad (27-28/8/2022). Kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan peserta mahasiswa Unila.


Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB), Jauharoh Haddad mengatakan, agar peserta untuk aktif berorganisasi tanpa mengenyampingkan proses belajar di dalam kelas.


Baca Juga:
Pusat Ekonomi Umat, Kesehatan dan Pendidikan, Gedung Lampung Nahdiyin Center Diresmikan


“Dalam berorganisasi seharusnya juga diikuti bidang akademik, sehingga organisasi lancar dan kuliah lancar. Di sisi lain, proses runtutan pengkaderan PMII harus bisa diikuti dengan tuntas dari mulai Mapaba hingga Pelatihan Kader Nasional (PKN),” ujarnya.


Pada pelaksanaan Mapaba kali ini diikuti ratusan mahasiswa Unila dari beragam fakultas. Mulai dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), dan Fakultas Hukum (FH). Adapun tema kegiatan ini, Terbentuknya Kader Loyalitas, Militan, Komitmen, dan Berintegritas Terhadap Nilai-Nilai Keorganisasian.


Sementara Majelis Pembina Komisariat (Mabinkom) Universitas Lampung, Rudy dalam sambutannya mengatakan, organisasi PMII adalah organisasi pergerakan yang artinya terus bergerak dalam kebaikan, selain itu bergerak tidak hanya satu bidang saja bisa bidang pendidikan, politik, wirausaha, dan lain-lain.


“PMII ini sebagai organisasi kemahasiswaan tentu sudah banyak melahirkan tokoh nasional bahkan global dalam bidangnya masing-masing, karena sejak dini PMII diajarkan untuk terus bergerak dalam kebaikan,” papar Dosen Fakultas Hukum Unila ini.


Baca Juga:
Pesan Kiai Said Aqil Siroj Untuk Nahdliyin Lampung


Adapun Ketua Komisariat PMII Unila, Prima Ardiansyah berharap, adanya kegiatan Mapaba ini menjadi pondasi awal setiap kader untuk lebih mengenal PMII dan menjalankan tugasnya sebagai mahasiswa. Apalagi untuk Mapaba kali ini, sejak tahun 2019 tahun ini diikuti oleh jumlah kader terbanyak.


“Agenda Mapaba ini diikuti oleh banyak kader dari beragam fakultas di Unila, harapannya banyaknya kader tersebut 10 tahun kemudian para mahasiswa PMII di Unila bias bersaing dalam profesinya masing-masing,” ungkapnya.


Beberapa alumni juga hadir dalam kegiatan ini mulai dari dosen PMII Unila, para pejabat Dinas di Provinsi Lampung, Anggota DPRD Provinsi Lampung, serta puluhan kader dari pengurus PMII Komisariat Unila. (Imam Mahmud)
 

Imam Mahmud
Editor: Dian Ramadhan

Artikel Terkait