• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 30 Januari 2023

Warta

Muktamar Ke-34 NU

Wapres Akan Tutup Muktamar dan Resmikan Masjid Safinatul Ulum UIN Raden Intan

Wapres Akan Tutup Muktamar dan Resmikan Masjid Safinatul Ulum UIN Raden Intan
Syahrizal Syarief saat menyampaikan Konferensi Pers di Press Room Lt. 2 UIN Raden Intan
Syahrizal Syarief saat menyampaikan Konferensi Pers di Press Room Lt. 2 UIN Raden Intan

Bandar Lampung, NU Online Lampung
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin yang juga majelis tahkim pada Muktamar kali ini akan berada di Lampung hingga pergelaran Muktamar selesai. Kehadirannya di Lampung juga akan  melakukan berbagai kegiatan salah satunya yaitu menghadiri penutupan Muktamar.

 

Selain menutup Muktamar Wapres juga direncanakan untuk meresmikan Masjid Safinatul Ulum, UIN Raden Intan pada Jumat (24/12/2021). Syahrizal Syarief dalam konferensi pers rabu malam mengatakan, "Penutupan rencananya akan dihadiri oleh Wakil Presiden yaitu KH Ma'ruf Amin. Wapres juga diagendakan akan meresmikan Masjid Safinatul Ulum," ujarnya.

 

Menurut Sekretaris Panitia Pelaksana ini penutupan Muktamar akan dilakukan secara sederhana saja. Dan kegiatan ini sudah mendapatkan izin dari satgas covid-19, karena agenda keselurahan muktamar akan selesai di hari kamis.

 

Pada hari jumat tersebut Wapres direncanakan akan menutup muktamar di pagi hari, kemudian meresmikan Masjid Safinatul Ulum serta shalat berjamaah di masjid tersebut. "Namun untuk teknis di lapangan apakah akan shalat berjamaah terlebih dahulu atau meresmikan masjid melihat situasi di lapangan," kata Syahrizal.

 

Masjid ini juga memiliki makna Safinatul yang berarti bahtera. Sedangkan ulum yaitu ilmu. Maka masjid ini akan menjadi bahtera ilmunya para mahasiswa dan santri dalam belajar. Pintu masjid ini memiliki tiga nama. Pertama, ulil albab, yang bermakna seorang pencari ilmu itu harus selalu berpikir, yang dalam bahasa Inggris-nya yaitu intellectuality.   

 

Pintu kedua yaitu ulil abshar, yang berarti spiritualitas (spirituality) di mana para pencari ilmu itu harus beriman dan bertakwa kepada Allah swt.   

 

Pintu ketiga bernama ulin nuha yaitu berakhlakul karimah yang  memiliki makna bahwa seorang santri ataupun mahasiswa harus memiliki integritas (integrity). Setelah berkeliling masjid, finalis ini diajak ke gedung rektorat baru, yang memiliki 9 lantai. Angka 9 bukan berarti tidak memiliki makna. Angka 9 merupakan angka yang istimewa, karena dalam lambang NU terdapat juga 9 bintang.
(Dian Ramadhan)


Warta Terbaru