• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Selasa, 16 Agustus 2022

Warta

Tingkatkan Kualitas Kader dan Pelatih, Pagar Nusa Lampung Tengah Gelar Pelatcab 2022

Tingkatkan Kualitas Kader dan Pelatih, Pagar Nusa Lampung Tengah Gelar Pelatcab 2022
Pelatcab Pagar Nusa Lampung Tengah
Pelatcab Pagar Nusa Lampung Tengah

Lampung Tengah, NU Online Lampung

Pimpinan Cabang (PC) Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Lampung Tengah menggelar Pelatihan Cabang (Pelatcab) pertama di Provinsi Lampung dilaksanakan di Padepokan Al Gozali, Kecamatan Purwosari, Jumat-Ahad (17-19/6/2022). Kegiatan tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas kader pelatih pencak silat Pagar Nusa.


Ketua Pengurus Cabang (PC) Pagar Nusa Lampung Tengah, Joko Purwanto dalam sambutannya menjelaskan, kegiatan Pelatcab 2022 ini merupakan kegiatan kaderisasi perdana di Lampung. 


“Memiliki beberapa tujuan yang utamanya adalah meningkatkan kualitas kader dan pelatih di tiap-tiap kecamatan se-Kabupaten Lampung Tengah, dari mulai penyeragaman gerakan, penguatan keaswajaan, keilmuan, wawasan, serta yang paling penting adalah spiritualitas yang menjadi identitas kuat Pagar Nusa,” ujarnya.


Lebih lanjut ia mengatakan kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan kegiatan kaderisasi perdana di Provinsi Lampung. Yang diberi nama Pelatihan Cabang atau Pelatcab. Pelatcab ini merupakan formulasi kaderisasi yang dirumuskan dengan divisi-divisi dan bidang-bidang terkait. 


Melihat hari ini penguatan dari segala sisi tentang kepagarnusaan sangat perlu ditingkatkan kepada para kader-kader Pagar Nusa se-Lampung Tengah. Pagar Nusa adalah rumah besar, di dalamnya terdapat berbagai macam sanad perguruan dan cabang ilmu bela diri. Oleh karena itu penting sekali melakukan penyelarasan jurus dan gerakan melalui kegiatan Pelatcab, sehingga apa yang diharapkan dan dituju dapat terealisasi yaitu peningkatan kualitas para kader dan pelatih.


Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 50 peserta yang merupakan utusan dari tiap-tiap pengurus kecamatan se-Kabupaten Lampung Tengah. Dalam pembukaanya dihadiri oleh para tamu undangan di antaranya Wakil Bupati Lampung Tengah, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lampung Tengah, Guru Besar Pagar Nusa Lampung Abah Asep Satriyan, Pimpinan Wilayah Pagar Nusa Lampung, Anggota DPRD Lampung Tengah, Camat Padang Ratu, Komando Rayon Militer (Danramil) Padang Ratu, serta para tamu undangan lainnya.


Sementara Ketua Pimpinan Wilayah Pagar Nusa Provinsi Lampung, Yana Supriyana mengatakan, sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan yang diselenggarakan oleh PC Pagar Nusa Lampung Tengah ini. 


“Semoga acara ini dapat berjalan secara maksimal dan dapat dijadikan contoh oleh Pimpinan Cabang lain di Provinsi Lampung. Alhamdulillah, kami selaku pimpinan wilayah tentu sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan Pelatcab ini. Apalagi ini merupakan kegiatan kaderisasi pertama di Lampung, karena selama saya ada di Pagar Nusa sampai menjadi ketua wilayah, baru kali ini ada kegiatan Pelatcab seperti ini,” ungkapnya.  


Tentu ini merupakan sebuah ide dan gagasan yang sangat luar biasa. Harapannya semoga kegiatan ini dapat berjalan sengan maksimal, dan menghasilkan sesuai dengan apa yang menjadi tujuan dari kegiatan ini. 


Wakil Bupati Lampung Tengah, Ardito Wijaya mengatakan, berharap Pagar Nusa sebagai organisasi pencak silat, senantiasa berpegang teguh kepada pedoman dan aturan. Karena Pagar Nusa berbeda dengan yang lainnya, Pagar Nusa adalah pengawal kiai, penjaga NKRI, dan senantiasa berjuang di jalan Allah swt.


“Saya hari ini benar-benar bisa merasakan spirit perjuangan yang sangat luar biasa di ruangan ini. Sebuah upaya yang sangat luar biasa dari Pagar Nusa Lampung Tengah dalam meningkatkan kualitas para kader dan pelatihnya. Kami sebagai pemerintah kabupaten tentu sangat mengapresiasi serta mendukung penuh kegiatan yang dilakukan Pagar Nusa Lampung Tengah ini,” katanya.


Menurutnya pemerintah kabupaten Lampung Tengah siap membantu dan memfasilitasi  Pagar Nusa dalam upaya meningkatkan kualitas kader dan organisasinya. Karena sebagai orang NU, bisa merasakan bahwa Pagar Nusa berbeda dengan yang lain. 


Setelah pembukaan acara tersebut selesai, acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Pembina Pagar Nusa Lampung Tengah, KH Wagimin yang juga merupakan Anggota DPRD Kabupaten Lampung Tengah. Dilanjutkan dengan pertunjukan atraksi dan gerakan oleh atlet-atlet Pagar Nusa Lampung Tengah. (Sunarto
 


Warta Terbaru