• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Kamis, 26 Mei 2022

Warta

Alumni Pesantren Lirboyo Akan Adakan Halal Bi Halal di Pesantren Wali Songo Lampung Tengah

Alumni Pesantren Lirboyo Akan Adakan Halal Bi Halal di Pesantren Wali Songo Lampung Tengah
Halal bi Halal Himasal di Pesantren Walisongo Lampung Tengah
Halal bi Halal Himasal di Pesantren Walisongo Lampung Tengah

Lampung Tengah, NU Online Lampung

Bertempat di Kompleks Pesantren Wali Songo yang beralamatkan Kecamatan Bumi Ratu Nuban, Kabupaten Lampung Tengah akan diadakan halal bi halal Himpunan Alumni Pesantren Lirboyo (Himasal) Kediri, Jawa Timur bagi yang berdomisili di wilayah Provinsi Lampung pada Ahad (8/5/2022). 


Pengasuh Pesantren Wali Songo, Kiai Syaikhul Ulum mengatakan, alumni Pesantren Lirboyo Kediri, Jawa Timur tersebar di semua daerah di Provinsi Lampung yaitu 15 kabupaten/kota. 


“Aumni tersebut disambungkan dalam wadah istimewa yang bernama Forssal (Forum Silaturahim Santri Asal Lampung). Mari hormat sekaligus berkhidmat kepada para masyayikh Pesantren Lirboyo Kediri, Jawa Timur,” ujarnya. 


Lebih lanjut ia mengatakan rangkaian acara temu alumni Pesantren Lirboyo ini adalah sima’an Al-Quran bersama Nyai Hannah Zamzami, Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Himasal Lampung, sarasehan Himasal Lampung, dan Halal bi Halal Himasal Lampung dengan pembicara KH Ahmad Hasan Syukri Zamzami Mahrus. 


Panitia Pelaksana, Arif Maulana mengatakan, agenda tersebut juga akan digelar ijazahan oleh KH Ahmad Hasan Syukri Zamzami Mahrus yakni kitab hirzul jausyan dan kitab dalailul khairat.


“Selain itu juga, di Kompleks Pesantren Wali Songo akan digelar bazar Himasal, antara lain kalender Pesantren Lirboyo, sarung Pesantren Lirboyo, gantungan kunci Pesantren Lirboyo, stiker Pesantren Lirboyo, kaos Pesantren Lirboyo, poster Pesantren Lirboyo, stiker Himasal dan Forssal, kaos Himasal dan Forssal, kopi Forssal, dan lain-lain,” ungkapnya. 


Sekilas Pesantren Wali Songo

Sebagaimana kita ketahui bersama, seperti dikutip ponpeswalisongo.net, pesantren Wali Songo Lampung Tengah ini didirikan sejak 1986 oleh almarhum almaghfurlah KH Imam Syuhada, dan pada tahun 1992 telah di Akta Notariskan, serta mendapat beberapa surat operasional pendirian dari Departemen Agama dan Departemen Sosial. 


Pada mulanya Pondok Pesantren Wali Songo berawal dari 1 unit bangunan asrama dan 1 unit aula. Kini sudah berkembang menjadi 10 asrama, 2 aula, 2 kantor, serta beberapa penunjang lainnya. Pada tahun 1992 juga telah dirintis berdirinya unit pendidikan formal, berawal dari 3 lokal hingga kini sudah mencapai 15 lokal serta 3 kantor yang terdiri dari jenjang pendidikan MI, MTs, dan MA.


Saat ini, pesantren Wali Songo Lampung Tengah, sepenuhnya diasuh oleh Kiai Syaikhul Ulum Syuhada, dengan mengelola beberapa unit pendidikan, antara lain Madrasah Diniyah, MI Wali Songo, MTs Wali Songo, dan MA Wali Songo. Selain segmen pendidikan, kini pesantren Walisongo juga melatih santri dalam bidang entrepreneur ekonomi dalam bentuk waralaba yang bernama Kafi Mart. 


Pesantren Wali Songo beralamatkan di Jalan Ponpes Wali Songo, Kampung Sukajadi, Kecamatan Bumi Ratu Nuban, Kabupaten Lampung Tengah, Propinsi Lampung, Indonesia 34161. 

(Akhmad Syarief Kurniawan)
 


Warta Terbaru