• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 30 Januari 2023

Warta

Pesantren Al-Hikmah Khobakan Santuni 550 Yatim Piatu

Pesantren Al-Hikmah Khobakan Santuni 550 Yatim Piatu
Pondok Pesantren Al-Hikmah Khobakan, Langkapura, Bandar Lampung mengadakan kegiatan sosial penyerahan santunan bagi para yatim piatu, Rabu (14/12/2021).
Pondok Pesantren Al-Hikmah Khobakan, Langkapura, Bandar Lampung mengadakan kegiatan sosial penyerahan santunan bagi para yatim piatu, Rabu (14/12/2021).

Bandar lampung, NU Online Lampung

Dalam rangka peringatan Haul Syekh Abdul Qadir Al-Jailani, Pondok Pesantren Al-Hikmah Khobakan, Langkapura, Bandar Lampung mengadakan kegiatan sosial berupa penyerahan santunan bagi para yatim piatu dengan membagikan 550 paket bantuan.  Kegiatan tersebut dilaksanakan di pondok pesantren setempat, Rabu (14/12/2021).

Acara diawali sejak Selasa (13/12/2021) malam, dengan menggelar peringatan Maulid Syekh Abdul Qadir Al-Jailani.

Pengasuh Pondok pesantren Al-Hikmah Khobakan, KH. Dedi Apriandi menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang diperingati setiap tahun oleh pondok pesantrennya. Selain melibatkan para santri, masyarakat setempat juga turut berpartisipasi.  

"Peringatan haul ini setiap tahun selalu kami adakan, selain para santri masyarakat juga sangat antusias turut andil menyukseskan acara haul ini," ujar Haji Engkih sapaan akrab KH. Dedi Apriandi.

Dalam peringatan haul tersebut pengisi ceramah, H. Barmawi menyampaikan salah satu cara meneladani para ulama atau Wali Allah ( kekasih Allah) ialah dengan mengenal dan mempelajari sejarah hidup mereka, agar  bisa diteladani dan diamalkan  dalam kehidupan sehari-hari. H Barmawi menilai, saat ini banyak umat Islam yang jauh dari nilai-nilai islami akibat kemajuan teknologi dan pergaulan yang semakin bebas.  

“Masyarakat perlu belajar dan memahami bagaimana kisah teladan para ulama terdahulu dalam berjuang, membela, menjaga, mempertahankan, dan menyebarkan agama yang di ridhoi Allah SWT yaitu Addinul Isalam, " ujar H Barmawi.

Dalam kegiatan santunan tersebut, setiap yatim piatu mendapat dana senilai Rp100 Ribu dan beras sebanyak 10kg yang dibagikan kepada 550 orang. Sumber paket tersebut berasal dari sumbangan masyarakat dan para dermawan.

Kegiatan sosial yang diadakan Pondok Pesantren Al-Hikmah Khobakan, turut dihadiri oleh Ketua MWC NU Kecamatan Langkapura, Ketua GP Ansor kota Bandar Lampung Agung Zawil,  camat dan lurah kecamatan Langkapura, serta para tokoh masyarakat setempat. Kegiatan berjalan lancar, aman dan konduksif , tidak lepas dari kesigapan para tim Banser Kecamatan Langkapura dan warga yang selalu kompak dalam mengawal setiap kegiatan. (Rifai Aly)


Warta Terbaru