• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Minggu, 25 September 2022

Warta

KH Hambali Kembali Terpilih menjadi Ketua Umum MUI Pringsewu Periode 2022-2027

KH Hambali Kembali Terpilih menjadi Ketua Umum MUI Pringsewu Periode 2022-2027
KH Hambali, Ketua MUI Pringsewu terpilih. (Foto: NU Online/Faizin)
KH Hambali, Ketua MUI Pringsewu terpilih. (Foto: NU Online/Faizin)

Pringsewu, NU Online Lampung
KH Hambali terpilih kembali menjadi Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pringsewu Masa Khidmah 2022-2027. Rais Syuriyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pringsewu ini terpilih melalui mekanisme tim formatur pada Musyawarah Daerah Ke-3 MUI yang digelar di Hotel Urban, Sabtu (13/8/2022).

Tim formatur yang memutuskan ini beranggotakan 11 orang meliputi unsur MUI Provinsi Lampung, Dewan Pertimbangan MUI Pringsewu, Ketua dan Sekretaris Demisioner MUI Pringsewu, 3 unsur ormas, 3 unsur MUI kecamatan, dan dari pesantren. Semua anggota bulat memilih Kiai Hambali untuk meneruskan kepemimpinan untuk periode yang ketiga.

Sementara tim formatur juga menyepakati H Atoriyadi yang merupakan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Pringsewu sebagai Ketua Dewan Pertimbangan MUI pada kepengurusan tahun ini.

Sesaat setelah terpilih, KH Hambali menyampaikan harapan dukungan dari seluruh elemen di Kabupaten Pringsewu agar MUI Pringsewu ke depan lebih baik. Selama dua tahun ia memimpin, perlu banyak yang harus dievaluasi dengan mempertahankan yang baik, mengurangi hal-hal yang kurang baik, dan mengambil hal baru yang baik.

"Kita pegang prinsip Almuhafadzatu alal qadimisshalih wal akhdu bil jadidil ashlah," ungkap alumni Pesantren Al Falah Ploso Mojo Kediri, Jawa Timur ini.

Ia juga mengajak kepada seluruh pengurus MUI yang nantinya akan disusun pada rapat tim formatur selanjutnya dan semua pengurus MUI kecamatan untuk menguatkan tugas MUI. Ia menyebut tiga tugas MUI yakni Himayatuddin (menjaga agama), Himayatulummah (menjaga ummat), dan Himayatuddaulah (menjaga negara).

Selain memilih kepengurusan, pada Musda yang dibuka oleh Pj Bupati Pringsewu Adi Erlansyah ini, juga dibahas program kerja MUI lima tahun yang akan datang. Program ini menjadi acuan pergerakan MUI Pringsewu lima tahun yang akan datang.

Saat membuka acara, Pj Bupati Pringsewu Adi Erlansyah berharap MUI ke depan untuk terus meningkatkan sinergisitas dengan pemerintah daerah. Hal ini bisa diwujudkan dalam bentuk program-program kerja yang strategis dalam ikut serta membangun Pringsewu.

"Saya berharap MUI terus menjadi mitra pemerintah dalam membangun umat. MUI merupakan benteng radikalisme dan perekat persatuan dan kesatuan dalam bingkai kebinekaan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," harapnya.

Hadir dalam acara Musda tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu H Ahmad Rifai, jajaran Forkopimda, pimpinan ormas, kepala perguruan tinggi, pimpinan pesantren, dan pengurus MUI kecamatan se-Kabupaten Pringsewu. (Muhammad Faizin)


Editor:

Warta Terbaru