• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Minggu, 5 Februari 2023

Warta

JP3M Bandar Lampung Jadi Forum Silaturahim Perempuan Pengasuh Pesantren

JP3M Bandar Lampung Jadi Forum Silaturahim Perempuan Pengasuh Pesantren
Nyai Siti Masyithah Ketua JP3M Bandar Lampung
Nyai Siti Masyithah Ketua JP3M Bandar Lampung

Bandar Lampung, NU Online Lampung

Jam'iyyah Perempuan Pengasuh Pesantren dan Muballighah (JP3M) Lampung memilih Nyai Siti Masyithah menjadi Ketua JP3M Bandar Lampung pada Kamis (13/1/2022) di Pesantren Al-Hikmah, Kedaton, Bandar Lampung. Hal ini merupakan penambahan JP3M di daerah-daerah yang ada di Lampung, dengan membentuknya JP3M di Bandar Lampung.

 

Nyai Masyithah atau lebih akrab disapa sehari-hari dengan ibu Ithoh, mengatakan bahwa dirinya siap untuk menjadi ketua JP3M, "Saya siap untuk tanggung jawab ini, semoga bisa membuka jalan bagi pesantren semuanya untuk semakin maju," ucapnya.

 

Acara tersebut dihadiri 6 pengurus wilayah, salah satunya Ketua JP3M Lampung, Nyai Heni Insiyah Bukhori. Serta 5 ibu Nyai dari Pesantren di Bandar Lampung. Terpilihnya Ibu Ithoh pada perkumpulan ini menjadi titik dari garis atau embrio awal terbentuknya JP3M di Bandar Lampung, karena untuk wilayah sudah terbentuk satu tahun yang lalu. Sedang untuk nasional sudah berjalan selama 5 tahun. 

 

Untuk JP3M Bandar Lampung sendiri sudah tersusun beberapa nama-nama dalam struktural ini, yang akan dilantik di Pesantren Al-Istiqomah Al-Amin Cinta Mulya Lampung Selatan, Lampung. Tempat Ketua JP3M wilayah, Nyai Heni Insiyah Bukhori. Adapun struktur kepengurusan JP3M Bandar Lampung sebagai berikut:

 

PEMBINA

1. Ny. Hj. Ratna

2. Ny. Hj. Neneng Zakiyah 

3. Ny. Umi Dawamah 

 

KETUA:

1. Ny. Siti Masyithah

2. Ny. Nurul Mukaromah

 

SEKRETARIS

1. Siti Khodijah

2. Nadiatul Umamah

 

BENDAHARA

1. Ny. Ervina Ahsanti

 

BIDANG-BIDANG:

A. Bidang keagamaan:

Kajian kitab:

1. Ny.Hj. Nailul Mazaroh​​​​​​​

 

B. Tahfidz: 

1. Ny. Siti Fauziah 

2. Siti Masyitoh​​​​​​​

 

C. Dakwah

1. Isma Kamila

2. Bidang Pendidikan 

3. Ny. Enok Mulyana 

 

D. Bidang organisasi 

1. Ulfa Alfiah Darajat​​​​​​​

 

E. Bidang Ekonomi

1. Nailul Hafidzoh​​​​​​​

 

F. Seni dan Budaya

1. Raudhatul Aslaamiyah

2. Siti Uum Hasanah​​​​​​​

 

G. Humas dan kemitraan

1. Diah Aghni Subekti​​​​​​​

 

H. Kesehatan

1. Ning Uswatun Hasanah

2. Nurul Habibah​​​​​​​

 

I. Sosial

1. Ning Rohmah​​​​​​​

 

J. Pemberdayaan perempuan

1. Mucholivatu Sa'adah, 

 

Nyai Masyithah memberikan kesan bahwa perkumpulan ini bisa menjadi forum silaturahim. "Ini merupakan forum silaturahim, bisa menjadi obat bagi masing-masing pesantren, bisa sharing satu sama lain. Jadi kalau mau curhat tentang mutu pesantren, tentang apapun di pesantren bisa saling memberi masukan," kata Putri dari kiai Muhammad Sobari.

 

Menurut Istri dari Kiai Abdul Basith tersebut berharap JP3M memiliki pergerakan sendiri yang bisa membantu pesantren-pesantren, karena di JP3M ada bidang-bidangnya seperti keagamaan, dakwah, pendidikan, sosial, dan lain-lain. Sehingga semua itu bisa bersinergi dan membantu pesantren-pesantren. 

 

“Harapannya juga jika di bidang keagamaan nantinya ada pengajian kitab yang bisa diikuti oleh perempuan-perempuan pesantren di Bandar Lampung, muslimat-muslimat dan organisasi perempuan lainnya,” papar alumni magister UIN Malik Ibrahim Malang.

(Yudi Prayoga)


Warta Terbaru