• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Minggu, 27 November 2022

Warta

Buka MTQ Ke-48 Lampung, Arinal Layangkan Pantun untuk Dewan Hakim

Buka MTQ Ke-48 Lampung, Arinal Layangkan Pantun untuk Dewan Hakim
Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-48 Tingkat Provinsi Lampung resmi dibuka oleh Gubernur Lampung H Arinal Djunaidi di Komplek Islamic Centre Bandarlampung Jumat (26/11/2021) malam. (Foto: Istimewa)
Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-48 Tingkat Provinsi Lampung resmi dibuka oleh Gubernur Lampung H Arinal Djunaidi di Komplek Islamic Centre Bandarlampung Jumat (26/11/2021) malam. (Foto: Istimewa)

Bandar Lampung, NU Online
Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-48 Tingkat Provinsi Lampung resmi dibuka oleh Gubernur Lampung H Arinal Djunaidi di Komplek Islamic Centre Bandarlampung Jumat (26/11/2021) malam. Pembukaan kompetisi yang menjadi ajang bertemunya para pecinta Al-Qur’an ini  ditandai dengan pemukulan bedug oleh gubernur.


Dalam sambutannya Arinal melayangkan dua buah pantun khusus bagi dewan hakim yang akan memberi penilaian kepada para peserta dan harapannya pada MTQ tahun 2021 ini. Ia berharap para dewan hakim dan pengawas MTQ untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik, jujur, adil, dan amanah serta memberi penilaian dengan objektif.


“Banyak-banyaklah berbuat amal. Berbuat baiklah walau tak kenal. Semoga MTQ hasilnya maksimal. Bisa berkiprah di tingkat nasional,” katanya.


“Jangan sembarang bermain bedil. Kecuali terbuat dari kertas. Kepada juri bersikaplah adil. Biar didapat kafilah yang berkualitas,” sambungnya.


Pada kesempatan tersebut, Arinal juga berharap walaupun kegiatan MTQ dilaksanakan secara terbatas karena masih berada dalam kondisi pandemi Covid-19, namun tidak mengurangi kualitas dari pelaksanaan dan hasilnya. Para pemenang dalam MTQ kali ini juga ia harapkan bisa mewakili Lampung pada MTQ tingkat nasional mendatang yang akan dilaksanakan di Kalimantan Selatan.


Oleh karenanya, kegiatan MTQ harus terus digalakkan dan dijadikan sebagai tradisi di semua tingkatan mulai dari nasional sampai dengan desa. Hal ini ditujukan untuk terus menggali potensi para qari dan qarah agar dapat lebih membumikan al-Qur’an.


“Saya yakin MTQ akan mendatang berkah bagi bumi Lampung yang kita cintai,” ungkapnya pada MTQ yang diikuti oleh 594 peserta dari 15 kabupaten/kota di Provinsi Lampung.


MTQ tahun ini menggelar sembilan yakni Mimbar I Cabang Tilawatil Qur'an, Mimbar II Cabang Qira'at, Mimbar III Cabang Hifdzil Qur'an, Mimbar IV Cabang Tahfidz, Mimbar V Cabang Fahmil Qur'an, Mimbar VI Cabang Syarhil Qur'an, Mimbar VII Cabang Khattil Qur'an, Mimbar VIII Cabang Maqalah Qur'an, dan Mimbar IX Cabang Musabaqah Hadits.


Sistem pendaftaran kafilah dari 15 kabupaten dan kota pada MTQ kali ini menggunakan sistem online. Setiap daerah mendaftarkan pesertanya melalui laman https://www.e-mtqlampung.com/ yang merupakan portal resmin pendaftaran MTQ Lampung.


Sebelumnya, MTQ Ke-48 ini seyogyanya akan digelar pada tahun 2020 di Kabupaten Pringsewu. Namun karena pada waktu itu ditetapkan Status Nasional Darurat Bencana Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) oleh pemerintah, maka Pemerintah Provinsi Lampung memutuskan untuk membatalkannya. Dan untuk melanjutkan kegiatan penuh berkah ini, pada 2021 Pemerintah Provinsi Lampung menggelar dan melanjutkan kembali di Kota Bandar Lampung. (Muhammad Faizin)


Editor:

Warta Terbaru