• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Minggu, 27 November 2022

Warta

Bupati Ingin Ada Perguruan Tinggi Al Quran di Pringsewu

Bupati Ingin Ada Perguruan Tinggi Al Quran di Pringsewu
Bupati Pringsewu KH Sujadi . (Foto: Humas Pemkab Pringsewu)
Bupati Pringsewu KH Sujadi . (Foto: Humas Pemkab Pringsewu)

Pringsewu, NU Online
Bupati Pringsewu KH Sujadi berharap ke depan akan ada perguruan tinggi Al Quran di Bumi Jejama Secancanan Bersenyum Manis. Harapan ini disampaikannya saat menerima kafilah Pringsewu di Komplek Pemda Pringsewu, yang telah mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-48 tingkat Provinsi Lampung, Kamis (2/12/2021).


Menurutnya Pringsewu sudah layak memiliki perguruan tinggi yang fokus dan khusus mempelajari ilmu-ilmu Al-Qur’an. Sumber daya manusia untuk mengelola dan mengembangkan perguruan tinggi Al-Quran ini menurutnya sudah tersedia di Pringsewu mulai dari level S1, S2, maupun S3 dalam disiplin ilmu Al-Qur’an. Terkait lokasi juga menurutnya, Pringsewu masih sangat mungkin untuk disiapkan lahannya dari yang tersedia saat ini.


Di akhir masa kepemimpinannya sebagai bupati yang akan berakhir pada pertengahan 2022, ia menitipkan harapan terwujudnya perguruan tinggi Al-Qur'an pada pemangku kebijakan bupati beserta DPRD Pringsewu dan seluruh elemen terkait untuk dapat berupaya merealisasikannya.


“Islamic Center Pringsewu bisa menjadi embrio untuk terwujudnya perguruan tinggi Al-Qur’an di Pringsewu. Diawali dengan pengembangan potensi melalui Baitul Qur’an,” katanya.


Perguruan Tinggi dan Baitul Qur’an ini lanjutnya akan menjadi bukti nyata hasil dari perhelatan MTQ yang memang sudah menjadi rutinitas tahunan. Apalagi prestasi Pringsewu mengalami tren kenaikan di ajang MTQ tingkat Provinsi Lampung.


Langkah ini juga merupakan upaya untuk meninggikan Al-Qur’an karena menurutnya siapa saja yang memiliki niat dan upaya meninggikan Al-Qur’an, maka Allah SWT juga akan meninggikan derajatnya. Namun sebaliknya siapa saja yang meremehkan dan merendahkan Al-Qur’an maka direndahkan oleh Allah derajatnya.


Pada kesempatan tersebut KH Sujadi juga  menyampaikan rasa syukurnya atas torehan prestasi yang telah diraih kafilah MTQ dari Pringsewu yang telah meraih peringkat juara umum ketiga. Raihan ini naik satu tingkat dari MTQ ke-47 yang saat itu berada pada peringkat ke-4.


Sementara Ketua Lembaga Pengembangan Tilatwatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Pringsewu H Heri Iswahyudi mengatakan bahwa bonus dari Pemda Pringsewu akan diberikan kepada para peraih juara. “Bonus akan ditentukan kemudian dengan cara ditransfer,” katanya.


Terkait dengan peningkatan satu tingkat dari peringkat empat ke peringkat tiga ini, Heri mengutip Surat Al-Insyiqaq Ayat 19: Latarkabunna ṭabaqan 'an ṭabaq yang artinya "Sesungguhnya kamu melalui tingkat demi tingkat (dalam kehidupan)". (Muhammad Faizin)


Editor:

Warta Terbaru