• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 30 Januari 2023

Warta

Ini Lokasi di UIN Raden Intan yang Digunakan pada Muktamar Ke-34 Nahdlatul Ulama

Ini Lokasi di UIN Raden Intan yang Digunakan pada Muktamar Ke-34 Nahdlatul Ulama
Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung
Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung

Bandar Lampung, NU Online Lampung

 

Muktamar Ke-34 Nahdlatul Ulama akan digelar di Provinsi Lampung pada 23-25 Desember 2021 mendatang. Dari seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan forum musyawarah tertinggi Nahdlatul Ulama itu.

 

UIN Raden Intan Lampung terletak di Jl. Letnan Kolonel H Endro Suratmin, Kecamatan Sukarame, Kota Bandar Lampung. Kampus ini merupakan perguruan tinggi agama Islam negeri tertua di Provinsi Lampung.

 

Berdiri di atas lahan seluas 46 hektar,  Perguruan Tinggi (PT) yang kini menyandang gelar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) hijau terbaik di Indonesia ini memiliki 6 fakultas, 30 program studi S1, 9 prodi S2, dan 3 prodi S3.

 

Tercatat terdapat 23.850 mahasiswa di kampus ini pada tahun 2019.

 

Kampus ini juga hanya berjarak 6,3 km dari Gerbang Tol Itera, Kotabaru.

 

UIN Raden Intan Lampung merupakan peralihan status dari Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung. Peralihan ini diresmikan pada tahun 2017 di bawah kepemimpinan rektor Prof H Moh. Mukri, yang saat ini juga menjadi Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Lampung.

 

Pembangunan UIN Raden Intan Lampung tidak lepas dari perkembangan Provinsi Lampung. Pada 1963, aktivitas akademik diawali dengan fakultas tarbiyah dan syariah.

 

Sebelum berlokasi di Kecamatan Sukarame saat ini, UIN Raden Intan Lampung sebelumnya berada di daerah Kaliawi dan di Kecamatan Labuhan Ratu, yang saat ini menjadi pascasarjana UIN  Raden Intan.

 

Dalam menghadapi Muktamar Ke-34 NU mendatang, UIN Raden Intan Lampung menyiapkan beberapa tempat untuk kegiatan-kegiatan muktamar.

 

Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) dan Informasi UIN Raden Intan, Hayatul Islam mengatakan, UIN memiliki ballroom dengan kapasitas 2.000 sampai 2.500 orang. Selain itu ada juga Gedung Serba Guna Fakultas Syari'ah dengan kapasitas 500 sampai 1.000 orang.

 

"Saat panitia nasional muktamar meninjau UIN pada Sabtu pekan lalu, kami juga memperlihatkan sport center dengan kapasitas 1.000 orang yang dapat digunakan untuk pertemuan. Di sekeliling sport center ini ada lapangan futsal, kolam renang, untuk dapat digunakan sebagai sarana olahraga, " katanya kepada NU Online Lampung, Kamis (4/11).

 

UIN Raden Intan juga menyiapkan Gedung Serba Guna yang sedang tahap renovasi perluasan dengan kapasitas 5.000 sampai 10.000 orang. Sementara untuk rapat-rapat kecil juga disiapkan 8 ruangan dengan kapasitas 40 sampai 70 orang di gedung akademik dan rektorat yang baru.

 

"Untuk opsi penginapan kami menyiapkan Ma'had Al-Jami'ah atau pesantrennya mahasiswa yang memiliki 3 gedung besar  yang dapat digunakan oleh muktamirin. Lokasi ini dekat dengan lapangan sepak bola UIN Raden Intan," ungkap Hayatul Islam.

 

(Dian Ramadhan)

 


Warta Terbaru