• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Jumat, 9 Desember 2022

Syiar

7 Keutamaan Puasa Ramadhan

7 Keutamaan Puasa Ramadhan
Sebentar lagi umat Islam memasuki bulan Ramadhan
Sebentar lagi umat Islam memasuki bulan Ramadhan

SEBENTAR  lagi umat Islam akan melaksanakan puasa Ramadhan selama satu bulan penuh. Ibadah yang menjadi rukun Islam ketiga ini memiliki sejumlah keutamaan. 

 

Berikut adalah tujuh keutamaan bulan Ramadhan. 


1. Mengangkat derajat

Orang yang melaksanakan puasa Ramadhan derajatnya akan diangkat oleh Allah swt. Sebab, pada bulan itu Allah membuka seluruh pintu surga dan menutup pintu-pintu neraka. Dengan dibukanya pintu-pintu surga, akan menjadi dorongan bagi umat Islam untuk memperbanyak ibadah sehingga derajatnya semakin tinggi di sisi Allah. 


2.  Penghapus dosa 

Orang yang melakukan puasa Ramadhan akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Tentunya, puasa yang dilakukannya harus banar-benar karena keimanan dan hanya mengharap pahala dari Allah swt, bukan ingin mendapat pujian dari sesama manusia. 


3. Mengalahkan syahwat 

Dengan berkurangnya asupan makanan dalam tubuh, maka nafsu atau syahwat dalam diri manusia bisa lebih mudah dikendalikan. Jika bisa mengendalikannya, maka ia akan lebih mudah melakukan ketaatan dan menjauhi perbuatan maksiat. 


4. Memperbanyak sedekah 

Dengan berpuasa, seseorang akan merasakan bagaimana rasanya menahan lapar dan haus. Hal ini dapat memunculkan rasa empati dalam dirinya untuk memperbanyak sedekah kepada sesama, terlebih kepada orang yang hidup serba kekurangan. Syekh ‘Izzuddin bin ‘Abdissalam dalam Maqashidush Shaum (halman 16) menjelaskan: 


“Karena sesungguhnya orang berpuasa ketika dia merasakan lapar, dia mengingat rasa lapar itu. Hal itulah yang memberikan dorongan kepadanya untuk memberi makan pada orang yang lapar.” 


5. Meningkatkan ketaatan 

Dengan menahan lapar dan dahaga di siang hari, tidak hanya memunculkan rasa empati dalam dirinya, tetapi juga mengingatkan dirinya akan rasa lapar dan dahaga para penghuni neraka. Sehingga, ketaatannya meningkat agar jangan sampai dirinya kelak masuk ke neraka. 


6. Mensyukuri nikmat tersembunyi 

Sebuah kenikmatan akan lebih terasa jika untuk mendapatkannya harus melalui dengan perjuangan. Salah satu kenikmatan besar orang yang berpuasa adalah saat berbuka puasa, setelah sebelumnya menahan lapar dan dahaga sepanjang hari. Dengan merasakan kenikmatan ini, akan timbul rasa syukur dalam dirinya. 


7.Mencegah keinginan bermaksiat 

Saat sedang berpuasa, pikiran seseorang cenderung lebih besar difokuskan untuk menanti waktu berbuka puasa dengan segala hidangannya. Dengan demikian, pikiran untuk melakukan maksiat berkurang karena fokusnya lebih banyak teralihkan untuk menanti waktu berbuka. 


(Muhamad Abror/NU Online) 

 


Syiar Terbaru