• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 30 Januari 2023

Seni Budaya

Doakan Muktamar ke-34 Lampung Sukses, Lesbumi Gelar Ziarah Kubur

Doakan Muktamar ke-34 Lampung Sukses, Lesbumi Gelar Ziarah Kubur

BANDAR LAMPUNG – Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Seni dan Budaya Muslim Indonesia (Lesbumi) PWNU Lampung menggelar Ritual Suluk Ziarah Kubur, Minggu (2/2/2020) pagi. Ziarah ini disebut sebagai upaya untuk menyongsong Muktamar 34 Lampung pada Oktober 2020 ini.

Ziarah Kubur Lesbumi PWNU dilakukan ke Makam Auliya' Tubagus Yahya. Ini juga merupakan program rutin pengurus wilayah Lesbumi NU Lampung.

“Salah satu realisasi Suluk Lesbumi dengan Wirid Saptawikrama di Makam Auliya', Para Wali, Kyai, dan Habaib,” kata Sekretaris Lesbumi NU Lampung, Dr (Can) Khoirul Anwar M.Pd.I kepada nulampung.or.id

Setelah ziarah makam, kegiatan dilanjutkan dengan Performance Art di Pantai Lempasing.

Hadir dalam kegiatan itu Ketua Lesbumi Lampung Dr.Drs.KH.Musthopa Wagianto SH, MH, Penyair Gus Irul, pendamping dari Provinsi Ibu Walidin, grup band 28-an dan seniman lainnya.

Peserta yang ikut sekitar 40-an seniman Lesbumi PWNU dan PCNU. “Tujuan acara ini salah satunya adalah agar Muktamar ke-34 di Lampung berjalan dengan lancar,” katanya.

Lalu siapa Tubagus Yahya? Kata Sekretaris Lesbumi, ia merupakan penyiar Quran di Kahuripan. Berasal dari keturunan Sultan Hasanuddin, Banten.

Tubagus Yahya datang ke Lampung sekitar tahun 1900-an. Dalam kesehariannya, ia menyiarkan ajaran Islam, terutama tentang pengetahuan dan pandangan terhadap Al-Quran. (saf)


Editor:

Seni Budaya Terbaru