• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Kamis, 20 Juni 2024

Pendidikan

UIN Raden Intan Bekali 4.802 Mahasiswa KKN Reguler untuk Mengabdi di Empat Kabupaten

UIN Raden Intan Bekali 4.802 Mahasiswa KKN Reguler untuk Mengabdi di Empat Kabupaten
LP2M UIN Raden Intan Lampung menyelenggarakan pembekalan bagi 4.802 mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Tahun 2024 selama dua hari (10-11/6/2024)
LP2M UIN Raden Intan Lampung menyelenggarakan pembekalan bagi 4.802 mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Tahun 2024 selama dua hari (10-11/6/2024)

Bandar Lampung, NU Online Lampung

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung  menyelenggarakan pembekalan bagi 4.802 mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Tahun 2024.

 

Acara pembekalan yang dilaksanaka di Ballroom dan Gedung Serba Guna (GSG) KH Ahmad Hanafiah UIN Raden Intan Lampung itu berlangsung selama dua hari (10-11/6/2024).

 

Pembekalan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebelum mereka terjun mengabdikan diri kepada masyarakat.

 

Mereka akan mengabdi di empat kabupaten di Provinsi Lampung, yaitu Kabupaten Lampung Selatan sebanyak 1.351 mahasiswa, Kabupaten Pesawaran sebanyak 1.520 mahasiswa,  Kabupaten Mesuji sebanyak 804 mahasiswa, dan Kabupaten Lampung Barat: sebanyak 1.127 mahasiswa. Para peserta diberikan pembekalan oleh para Camat dari ke empat kabupaten tersebut.

 

Ketua LP2M, Prof H A Kumedi Ja’far  dalam sambutannya, menyampaikan, KKN merupakan salah satu bentuk implementasi tri dharma perguruan tinggi yang penting untuk dilaksanakan oleh mahasiswa. Melalui KKN, mahasiswa dapat menerapkan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh di bangku perkuliahan untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat.

 

“Saya harap para mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk belajar dan mengabdi kepada masyarakat. Jadilah agen perubahan yang positif dan bawa nama baik UIN Raden Intan Lampung ke tengah-tengah masyarakat,”  katanya.

 

Para mahasiswa KKN Reguler UIN Raden Intan Lampung akan didampingi oleh 291 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan terbagi ke dalam 582 kelompok. Mereka akan melaksanakan program-program KKN yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat di lokasi penempatan masing-masing.

 

Diharapkan dengan pembekalan ini, para mahasiswa KKN UIN Raden Intan Lampung dapat melaksanakan program KKN dengan sukses dan bermanfaat bagi masyarakat.

 

Di samping itu sebagai informasi, selain KKN Reguler yang direncanakan akan diberangkatkan pada 10-15 Juli 2024, tahun ini juga terdapat skema lainnya.

 

KKN Non-Reguler dengan jumlah 85 peserta, terbagi diantaranya KKN Internasional, dilaksanakan di empat negara yaitu, Malaysia, Thailand, Jepang, dan Korea. 

 

Kemudian KKN Kolaborasi dengan UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, KKN Moderasi Beragama, KKN Kebangsaan, KKN Melayu Serumpun, dan KKN Siger Berjaya. 

 


Pendidikan Terbaru