• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Selasa, 23 April 2024

Pendidikan

Sinergi dalam Pembangunan, Unila Audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan

Sinergi dalam Pembangunan, Unila Audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan
Audiensi pimpinan Unila ke Pemkab Lampung Selatan (Foto: Istimewa).
Audiensi pimpinan Unila ke Pemkab Lampung Selatan (Foto: Istimewa).

Lampung Selatan, NU Online Lampung

Jajaran pimpinan Universitas Lampung (Unila) melakukan audiensi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan untuk mensinergikan pembangunan daerah. Audiensi dilakukan di ruang kerja Bupati Lampung Selatan, Selasa (27/2/2024). 


Dari Unila dihadiri Rektor Prof Lusmeilia Afriani didampingi Ketua LPPM, Ketua LP3M, Dekan Fakultas Teknik (FT), Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Ketua Satuan Pengendalian Internal (SPI), dan Kepala Biro Umum dan Keuangan (BUK). 


Kedatangan rombongan Unila disambut langsung Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Lampung Selatan, Thamrin, serta sejumlah kepala dinas dan pejabat daerah lainnya.


Rektor Unila, Prof Lusmeilia menyampaikan, Pemkab Lampung Selatan merupakan salah satu mitra penting Unila dalam memberikan pembinaan kepada mahasiswa, khususnya dalam pelaksanaan program MBKM yakni program Kuliah Kerja Nyata (KKN).


“Unila telah menurunkan ribuan mahasiswa untuk mengikuti program KKN, termasuk di Kabupaten Lampung Selatan, yang menjadi salah satu lokasi program tersebut,” ujarnya dilansir dari laman Unila


Selain itu, ia juga menekankan kewajiban Unila dalam melaksanakan tridarma perguruan tinggi, yang meliputi pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. 


“Salah satu bentuk pengabdian yang dilakukan Unila di Lampung Selatan adalah di daerah Kunjir, yang merupakan daerah terdampak tsunami,” tuturnya. 


Unila secara resmi mendapatkan hibah lahan seluas 150 hektare dari Pemerintah Provinsi Lampung untuk pembangunan kampus baru. Hal ini diharapkan dapat memperkuat kolaborasi antara Unila dan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dalam pembangunan wilayah tersebut.


Prof Lusmeilia juga memberikan informasi mengenai berbagai jalur penerimaan mahasiswa baru di Unila yang dapat diikuti masyarakat Lampung Selatan, termasuk jalur prestasi non-akademik dan penghafal Al-Qur’an.


Sementara itu, Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto menyatakan, apresiasi atas kerja sama antara Unila dan pemerintah daerah. Ia menekankan pentingnya pendidikan yang berkualitas dalam meningkatkan sumber daya manusia dan pembangunan daerah.


“Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan mendukung percepatan izin dan sertifikasi terkait pembangunan kampus dua, serta akan membangun infrastruktur menuju kampus tersebut dari arah Lematang,” ungkapnya. 


Pendidikan Terbaru