• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Minggu, 27 November 2022

Warta

Santri Rumah Quran BEC Ikuti Wisuda Kitab Aqidatul Awwam

Santri Rumah Quran BEC Ikuti Wisuda Kitab Aqidatul Awwam
Santri Rumah Quran BEC Wisuda Kitab Aqidatul Awwam (Foto: Istimewa)
Santri Rumah Quran BEC Wisuda Kitab Aqidatul Awwam (Foto: Istimewa)

Lampung Barat, NU Online Lampung

Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) Rumah Quran BEC melaksanakan wisuda lalaran kitab aqidatul awwam di Masjid Al Fadilah Pentaran, Kecamatan Balik Bukit, Lampung Barat, Jumat (26/8/2022). Kegiatan ini diikuti oleh 18 santri TPQ Rumah Qur’an BEC. 


Dalam kegiatan itu juga dirangkai dengan pengajian tiga bulanan Keluarga Besar Nahdlatul Ulama (KBNU) Balik Bukit bersama Majelis Taklim Al Amanah, dan dihadiri segenap pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Balik Bukit.


Pengasuh TPQ Rumah Qur’an BEC, Ustadz Muhammad Wahidin mengatakan, kegiatan ini wisuda ini dilaksanakan atas hasil dari para santri yang belajar disini. 


“Kegiatan diikuti 18 santri yang diwisuda kitab Aqidatul Awwam karangan al-Imam al-‘Allamah Ahmad bin Muhammad Ramadhan bin Manshur al-Makki al-Marzuki al-Maliki al-Husaini al-Hasani. Salah seorang mufti mazhab Maliki di Makkah,” ujarnya.


Lebih lanjut ia mengatakan kegiatan ini pun menaruh antusias masyarakat dan juga warga NU, karena dihadiri sekitar 300an jamaah. Kitab Aqidatul Awwam ini memuat 57 bait. Dimulai dengan pujian kepada Allah dan Rasululullah serta para sahabat dan keluarga Nabi, kemudian kewajiban mengetahui sifat-sifat wajib bagi Allah yang dua puluh, sifat-sifat mustahil, serta sifat jaiz. 


Setelah itu disebutkan sifat-sifat wajib, mustahil, dan jaiz bagi para Rasul dan nama-nama 25 Nabi. Kemudian sifat malaikat secara umum dan nama-nama malaikat yang 10, nama-nama kitab yang 4, kewajiban menerima setiap apa yang disampaikan Rasul, iman kepada hari kiamat, setelah itu nama-nama keluarga Nabi, Isra Mi’raj dan kewajiban shalat, kemudian penutup.


Sementara Ketua MWCNU Balik Bukit, Ustadz Henardi mengatakan, mari segenap KBNU Balik Bukit untuk terus menjaga kekompakan dan terus rutin menjalankan kegiataan pengajian tiga bulanan (triwulan) ini.


“Insyaallah untuk pengajian triwulan selanjutnya bertempat di Ranting Sukarame pada November, dan saya ucapkan terima kasih atas dilaksanakannya pengajian ini di pekon (desa) Padang Dalom sore hari ini,” ungkapnya. 


Menurutnya pengajian ini juga menjadi media silaturahim bagi KBNU se-Kecamatan Balik Bukit. Kegiatan rutin pengajian triwulan ini merupakan hasil Musyawarah Kerja dari KBNU Balik Bukit pada Januari 2022 lalu dan telah diawali dengan pengajian pada Januari di Masjid Agung Baiturrahim Kelurahan Way Mengaku kemudian di Pekon Wates pada Mei 2022 lalu dan Insyaallah November mendatang kita laksanakan di Pekon Sukarame.


Turut hadir dalam acara tersebut Peratin atau Kepala Desa Padang Dalom, pengurus Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU IPPNU), Gerakan Pemuda (GP) Ansor, dan tamu undangan lainnya. (Duta Suhanda)
 


Warta Terbaru