• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Kamis, 18 April 2024

Warta

Reuni Akbar Kamilah, Alumni Teguhkan Komitmen Aswaja An-Nahdliyah

Reuni Akbar Kamilah, Alumni Teguhkan Komitmen Aswaja An-Nahdliyah
Ketua Umum Kamilah, Rifai Aly saat membacakan tiga mandat alumni (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Kamilah, Rifai Aly saat membacakan tiga mandat alumni (Foto: Istimewa)

Lampung Timur, NU Online Lampung
Kebangkitan Alumni Miftahul Falah Assya’roniyyah (Kamilah) melaksanakan reuni akbar ke-6 di Pondok Pesantren Miftahul Falah, Kabupaten Lampung Timur, Jumat-Ahad (3-5/2/2023). Dalam kesempatan tersebut juga Kamilah meneguhkan tiga komitmen Aswaja An-Nahdliyah.


Kegiatan tersebut dimanfaatkan oleh pengurus pusat untuk menyatakan ikrar setia kepada Nahdlatul Ulama dan sami’na wa atho’na kepada masyayikh


Ketua Umum Kamilah, Rifai Aly dalam sambutannya menyampaikan, gejolak dinamika tindak kriminal asusila belakangan ini menjadi latar belakang muncul ide mandat alumni tersebut.


“Selaku santri, saya merasa prihatin atas kasus asusila yang marak terjadi di Indonesia belakangan ini terkhusus di Provinsi Lampung. Sehingga saya mengajak kepada keluarga besar Kamilah agar waspada dan mampu menjadi teladan yang mulia dalam berdakwah di tengah masyarakat,” ujarnya.


Lebih lanjut ia mengatakan pelaksanaan kegiatan reuni biasanya digelar pada bulan Syawal sekaligus silaturahim halal bihalal, namun kali ini diadakan di bulan Rajab. Meski dilaksanakan di bulan tersebut namun antusias para alumni untuk hadir sangatlah tinggi. 


“Kegiatan ini juga sekaligus menghadiri pernikahan atau walimatul ‘ursy putra Pengasuh Pesantren Miftahul Falah Lampung Timur, KH Abdul Muhith Abdullah yakni Nur Alfan Afifi dengan putri Pengasuh Pesantren Darul Amal Metro, KH Ahmad Dahlan Rasyid yaitu Jamilatul Husna,” ungkapnya.


Adapun ketiga mandat alumni tersebut dibacakan oleh Ketua Umum Kamilah, Rifai Aly diikuti oleh para hadirin. Berikut tiga butir ikrar setia yang dikemas sebagai mandat Alumni.


Pertama, berpegang teguh dan turut serta memperjuangkan aqidah (fikroh, harokah, dan amaliyah) Ahlussunnah wal Jama’ah An-Nahdliyah sebagaimana diwariskan oleh pendiri Nahdlatul Ulama Hadratussyekh KH Hasyim Asy’ari, selalu waspada terhadap kelompok Islam yang jelas bertentangan dengan NU dan NKRI,” katanya. 


Kemudian kedua, yaitu senantiasa sami’na wa atho’na kepada masyayikh, menjunjung tinggi almamater pesantren dengan mengamalkan ilmu di tengah masyarakat, bersikap moderat, tawazun, tasamuh, dan amar ma’ruf nahi munkar, mengedepankan uswatun hasanah atau keteladanan.


Selanjutnya ketiga, yakni menjaga muruah almamater pesantren dengan berperan aktif mendukung program organisasi Kamilah, mengutamakan musyawarah mufakat dalam menyikapi permasalahan demi kebersamaan dan keutuhan alumni. 


Kegiatan tersebut selain dihadiri alumni yang berasal dari Kabupaten Lampung Timur, juga alumni dari Kabupaten Lampung Barat, Way Kanan, Pringsewu, dan Oku Timur, Sumatra Selatan. Kegiatan disisi dengan mauizhah hasanah (siraman rohani) dari kedua masyayikh dan ditutup dengan musofahah (saling bersalaman antara alumni dengan romo kiai dan dzuriyah). 

(Ely Muchlisa)
 


Warta Terbaru