• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Minggu, 27 November 2022

Warta

Program Ramadhan Saweu Ulama, Kemenag Pidie Silaturahim dengan Ulama Kharismatik Aceh

Program Ramadhan Saweu Ulama, Kemenag Pidie Silaturahim dengan Ulama Kharismatik Aceh
Program Saweu Ulama Keemenag Kabupaten Pidie
Program Saweu Ulama Keemenag Kabupaten Pidie

Pidie, NU Online Lampung

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pidie, H Abdullah AR mewakili Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Aceh melakukan silaturahim dengan program bernama saweu ulama (mengunjungi ulama) kepada salah satu ulama kharismatik Aceh, Abu Ishak Ahmad (Abu Lamkawe) pimpinan Dayah Baldatul Mubarakah Gampong Kandang Kecamatan Kembang Tanjung, Pidie.

 

Saweu Ulama (mengunjungi ulama) di Kabupaten Pidie, Kakemenag Pidie turut didampingi Kasubbag TU, Kepala Seksi Pendidikan Islam (Kasie Pendis), dan Kasi Pendidikan Diniyah Pondok Pesantren.

 

Sosok pria yang akrab disapa Abi Lah itu mengatakan kegiatan tersebut merupakan bagian dari program yang dilakukan Kakanwil Kemenag Aceh tahun ini. Progam Saweu Ulama dalam rangkaian kegiatan safari ramadhan 1443 H. Hal ini dilakukan secara maraton ke-23 kabupaten/kota di Aceh selama Ramadhan.

 

Alhamdulillah, sambutan dari Al-Mukarram Abu Lamkawe sangat baik dengan program saweu ulama tersebut dan berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut. Serta dapat memberikan nilai positif demi kemajuan dan kebaikan Kementerian Agama Republik Indonesia,” ujar Abdullah AR, Rabu (27/4/2022).

 

Lebih lanjut ia mengatakan dalam kunjungan tersebut selain silaturahim, kegiatan ini juga dilakukan penyerahan bingkisan yang diterima langsung Abu Lamkawe yang merupakan guru dari para ulama kharismatik Aceh seperti Abu MUDI, Waled NU, dan beberapa ulama lainnya.

 

Silaturahim tersebut Abi lah meminta nasihat kepada ulama, terlebih Kemenag merupakan lembaga pemerintah yang mengurus berbagai kebijakan terkait dengan implementasi syari'at Islam di negeri ini. Abu Lamkawe menurut Abi Lah juga banyak memberikan masukan dan nasihat demi pengembangan Kementerian Agama ke depannya terlebih di era digital seperti saat ini.

 

Menurut Abi Lah, para ulama juga menitip salam untuk Kakanwil, semoga selalu dalam keadaan sehat, dapat menjalankan tugas dengan baik, serta mendapat lindungan dan bimbingan dari Allah swt.

 

Sementara itu Kasubbag TU Kemenag Pidie, Tarmizi mengatakan, Kanwil Kemenag Provinsi Aceh menggelar progam sapa umat dan dalam rangkaian kegiatan safari ramadhan 1443 H. Hal ini dilakukan secara maraton ke-23 Kabupaten/kota di Aceh selama ramadhan, termasuk program saweu ulama dengan bersilaturahim dengan para Ulama.

 

“Saweu Ulama masih berlanjut dalam waktu dekat di Kabupaten Pidie hingga berakhirnya ramadhan tahun ini, hal ini karena jadwal harus disesuaikan dengan waktu dan kesempatan para ulama untuk bersilaturahim. Terlebih selama ramadhan para ulama ada agenda dan pengajian yang telah dijadwalkan,” katanya.

(Teungku Helmi Abu Bakar)


Warta Terbaru