• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 30 Januari 2023

Warta

Prof Mukri, Rektor Inspiratif Wariskan Kegemilangan UIN Raden Intan

Prof Mukri, Rektor Inspiratif Wariskan Kegemilangan UIN Raden Intan
Serah terima rektor lama UIN Raden Intan Lampung Prof Moh. Mukri ke rektor baru Prof Wan Jamaluddin. (Foto: radenintan.ac.id)
Serah terima rektor lama UIN Raden Intan Lampung Prof Moh. Mukri ke rektor baru Prof Wan Jamaluddin. (Foto: radenintan.ac.id)

Bandarlampung, NU Online Lampung
Auditorium Universitas Islam negeri (UIN) Raden Intan Lampung menjadi saksi sejarah serah terima amanat tampuk kepemimpinan rektor lama Prof Moh. Mukri ke rektor baru Prof Wan Jamaluddin. Prof Moh. Mukri yang sudah memimpin UIN Raden Intan sejak berstatus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) sejak 2010 telah membawa dan mewariskan kemajuan gemilang lembaga pendidikan tinggi agama Islam ini.


“Pagi ini merupakan momentum sekali dalam hidup saya. Saya senang, saya bahagia. Saya menjadi salah satu Rektor terpanjang IAIN-UIN Raden Intan Lampung. Begitu juga capaian-capaian, baik secara fisik, jumlah mahasiswa, maupun capaian lainnya. Itu menjadi nyata karena kerja sama kita bersama,” kata pria yang juga Ketua MUI Provinsi Lampung ini, Senin (14/2/2022).


Prof Mukri pun mengisahkan bagaimana perjalanan dalam mengemban amanat memimpin kampus hijau yang saat ini memiliki puluhan ribu mahasiswa ini. Dari perjalanan lebih kurang 12 tahun memimpin, UIN Raden Intan mampu menjelma menjadi kampus favorit di Indonesia dengan perkembangan fisik kampus dan segudang prestasi di berbagai tingkatan.


Atas kepemimpinan yang inspiratif ini, Prof Mukri mendapat penghargaan dari UI GreenMetric World University Rangking sebagai The Inspiring University Leader of the Year 2021. Penghargaan ini diberikan pada pembukaan National Student Leaders on Sustainability Meeting (NSLSM) 2021 di Bandar Lampung pada 27 Oktober 2021 lalu.


“Ini penghargaan internasional dari kami. Kami memberikan penghargaan kepada Prof. Mukri, karena kepemimpinan dan mampu memperlihatkan hal-hal kecil tapi penting dan bermanfaat luas untuk kelestarian lingkungan. Bekerja dengan ide dan kreasi yang nyata," kata  Prof  Riri Fitri Sari, Ketua UI GreenMetric saat memberikan penghargaan.


UI GreenMetric juga menganugerahi UIN Raden Intan Lampung sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) yang masuk 10 besar kampus hijau berkelanjutan penilaian UI Green Metric tahun 2020. UIN di bawah sosok Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini juga terpilih menjadi PTKN Badan Layanan Umum dengan pengelolaan terbaik kedua di lingkungan Kementerian Agama.


Dari segi fisik, UIN Raden Intan saat ini sangat pesat perubahan dan pembangunannya. Berbagai gedung baru yang megah dipadu dengan indah dan hijaunya penataan lingkungan kampus menjadikan UIN Raden Intan bukan hanya tempat belajar yang nyaman namun juga tempat rekreasi masyarakat. Gedung rektorat, Masjid Safinatul Ulum, dan telaga yang berdampingan di tengah kampus menjadi pusat perhatian siapapun yang masuk kampus ini.


Sementara Prof Wan Jamaluddin yang diamanahkan meneruskan jabatan Rektor masa bakti 2022-2026 mengapresiasi kepemimpinan serta mengaku banyak belajar dari Prof Mukri. Ia pun mengajak seluruh warga kampus untuk dapat bersinergi dan bahu-membahu mengembangkan serta terus memajukan kampus UIN.

 

“Saya bukan apa-apa kalo tidak dibantu. Mari  kita bersama dalam membangun UIN Raden Intan Lampung ini,” kata pria yang pernah membantu Prof Mukri menjadi Wakil rektor UIN, dikutip dari laman UIN raden Intan Lampung.


Warta Terbaru