• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 5 Desember 2022

Warta

Pesantren Al Hikmah Gelar Khotmil Quran Haul Ke-4 Kiai Muhammad Sobari

Pesantren Al Hikmah Gelar Khotmil Quran Haul Ke-4 Kiai Muhammad Sobari
Khotmil Qur'an dalam memperingati haul ke-4 KH Muhammad Sobari
Khotmil Qur'an dalam memperingati haul ke-4 KH Muhammad Sobari

Bandar Lampung, NU Online Lampung
Pesantren Al Hikmah, Kedaton, Bandar Lampung menyelenggarakan khotmil Qur'an dalam menyambut haul ke-4 KH Muhammad Sobari yang merupakan pendiri Pesantren, pada Kamis (24/3/2022) di Kompleks Pesantren Al Hikmah. Selain khotmil Qur'an, panitia acara haul juga mempersiapkan beberapa agenda lain yang akan dilaksanakan.

 

Santri dan panitia telah mempersiapkan beberapa kegiatan yang telah dirancang sebulan yang lalu untuk memperingati haul Abah Sobari, sapaan akrabnya. Kiai Sobari merupakan sosok kiai karismatik di Lampung yang telah banyak memberikan kontribusi pada masyarakat sekitar dalam pengembangan dakwah Islam.

 

Abah Sobari terkenal sebagai sosok yang ulet dan ikhlas dalam berdakwah, sehingga tidak heran jika sampai saat ini masih banyak yang merindukan kehadiran sosoknya.

 

Kegiatan peringatan haul ke-4 Abah Sobari hari pertama yaitu sima'an Al-Qur'an 30 Juz. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh santri putra dan putri, panitia haul Abah Sobari, dan beberapa hafiz hafizah.

 

Kegiatan ini berlangsung sejak pagi hari, yang terbagi menjadi tiga tempat yaitu maqbaroh dengan qori Ustadz Ahmad Rozi AH, Aula Ashofa dengan qori Ustadz Ahmad Luthfi AH, dan Aula Putra dengan qori Ustadz Kholik AH dan Ustadzah Hindun AH.

 

Pada kesempatan ini, semua santri yang telah terbagi menyimak bersama-sama pembacaan ayat suci Al-Qur'an yang dibagi menjadi beberapa kelompok penyimak, Aula Ashofa menyimak dari juz 1-10 , Maqbaroh juz 11-20, dan di Aula Putra dari juz 21-30.

 

Pada pembacaan juz 30 berhenti pada surat Al-Lail, kemudian dilanjutkan dari surat Ad-Duha sampai An-Nas yang dibaca secara bersamaan dan ditutup dengan doa sebagai penghujung rangkaian kegiatan hari pertama.

 

Acara ini berjalan dengan khidmat sampai selesai dengan diakhiri pembacaan doa khotmil Qur'an bersama di Masjid Nurul Yaqin. Semua santri sangat antusias dan bersemangat dalam menyambut haul abah.

 

Salah satu santri Al Hikmah, Sanvarzen Khan berharap, sima'an Qur'an ini menjadi keberkahan pada acara haul ke-4 Abah Sobari, juga menjadi keberkahan bagi seluruh keluarga besar Al Hikmah beserta santri dan para alumninya. 

 

“Kami berharap sima'an Qur'an ini menjadi keberkahan bagi keluarga besar Al Hikmah, para santri, dan para alumni dalam rangka memperingati haul ke-4 Abah,” ujarnya.

 

Lebih lanjut ia mengatakan semoga dengan berkahnya ayat-ayat suci Al-Quran hati kita menjadi bersih, suci, dan selalu mendapatkan hidayah dari Allah swt. Sehingga kami sebagai santrinya selalu di jalan yang diridhai oleh Allah. 

 

“Semoga kegiatan selanjutnya yang telah dirancang dapat berjalan dengan lancar dan berkah. Serta semoga kita semua dapat diakui oleh Abah Sobari sebagi santrinya,” katanya.

(Diah Aghni Subekti)


Warta Terbaru