• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 30 Januari 2023

Warta

Membaca Al-Qur'an Secara Cepat, Tepat, dan Fasih dengan Metode Qiro'ah

Membaca Al-Qur'an Secara Cepat, Tepat, dan Fasih dengan Metode Qiro'ah
Worshop Metode Pembelajaran di TPQ Roudlotul Hikmah
Worshop Metode Pembelajaran di TPQ Roudlotul Hikmah

Bandar Lampung, NU Online Lampung
Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) Roudlotul Hikmah Bandar Lampung menyelenggarakan workshop metode pembelajaran Al-Qur'an di Auditorium Yayasan Al-Hikmah Bandar Lampung pada Sabtu (19/2/2022). Selain itu kegiatan ini juga merupakan silaturahim dengan Forum Komunikasi Taman Pendidikan Qur'an (FKTPQ) Kota Bandar Lampung.


Kegiatan workshop ini dihadiri oleh Umi Pengajar TPQ, Bidang Kepesantrenan Yayasan Al-Hikmah Ustadz Abdul Aziz, dan segenap tim forum komunikasi TPQ Bandar Lampung. Pada kesempatan ini TPQ Roudlotul Hikmah menghadirkan Ustadz Sulhan sebagai penyampai materi. 


Acara ini dilaksanakan terbuka untuk umum dan bersifat wajib untuk pengajar di TPQ Roudlotul Hikmah. Peserta mengikuti kegiatan secara khidmat dan terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini sampai selesai. 


Acara ini disambut hangat oleh Ustadz Abdul Aziz yang hadir untuk membuka acara, ia mengatakan, semoga dengan adanya kegiatan ini ke depannya mampu menjalin hubungan yang baik dengan FKTPQ Bandar Lampung. 


"TPQ Roudlotul Hikmah dikenal di Bandar Lampung, maka perlu untuk menambah wawasan guru pengajar supaya ilmunya terus bertambah. Jadi bisa tau metode membaca Al-Qur'an yang lain, yang bisa diterapkan disini," ujarnya.


Lebih lanjut ia mengatakan, karena metode ini sangat bagus dalam konsep penerapannya. Dapat juga diterapkan di kampung halaman atau tempat tinggalnya masing-masing nantinya.


Dalam penyampaian materi oleh Ustadz Sulhan ada beberapa poin penting yaitu, semua metode pembelajaran untuk membaca Al-Qur'an adalah bagus, metode merupakan cara, langkah-langkah, dan pedoman supaya dapat membaca Al-Qur'an. 


"Metode qiro'ah ini merupakan metode pembelajaran membaca Al-Qur'an dengan cepat, tepat, dan fasih. Metode ini ditemukan oleh Ustadz Andi Suriadi," ungkapnya.


Menurutnya, poin di buku metode qiro'ah ini terletak pada makhorijul huruf atau tempat keluarnya huruf ada lima yaitu bibir, lidah, rongga, tenggorokan, dan hidung. 


"Dijelaskan pula bahwa makhorijul huruf itu ada 2 jenis yang pertama yaitu makhroj muhaqqoq yaitu tempat keluarnya suara yang jelas, suara yang bersandar pada bagian makhroj tertentu, seperti tenggorokan, lidah atau bibir," katanya.


Kedua yaitu makhroj muqoddar atau dikira-kira kan, tempat keluarnya suara yang tidak bersandar pada bagian makhroj tertentu. Dalam kegiatan ini peserta tidak hanya mendengarkan tetapi dibarengi dengan praktik yang berfungsi untuk melatih supaya tidak gugup dalam mengajar.

(Diah Aghni Subekti)


Warta Terbaru