• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Minggu, 25 September 2022

Warta

PCNU Way Kanan Adakan Sosialisasi Sistem Pengkaderan Perkumpulan Nahdlatul Ulama

PCNU Way Kanan Adakan Sosialisasi Sistem Pengkaderan Perkumpulan Nahdlatul Ulama
PCNU Way Kanan Sosialisasikan SIstem Pengkaderan Perkumpulan Nahdlatul Ulama
PCNU Way Kanan Sosialisasikan SIstem Pengkaderan Perkumpulan Nahdlatul Ulama

Way Kanan, NU Online Lampung

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Way Kanan mengadakan sosialisasi Sistem Pengkaderan Perkumpulan Nahdlatul Ulama se-Kabupaten Way Kanan. Acara tersebut dilaksanakan di Gedung PCNU Way Kanan, Kecamatan Baradatu, Rabu (1/6/2022).

 

Kegiatan tersebut diikuti 35 peserta se-Kabupaten Way Kanan. Sosialisasi itu untuk menindaklanjuti surat Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Lampung Nomor: 295/PWNU/A.I/V/2022, tentang Sosialisasi Sistem Pengkaderan Perkumpulan NU tanggal 29 Mei 2022 di Kampus Institut Agama Islam (IAI) Ma’arif Metro. 


Ketua PCNU Way Kanan, KH Nurhuda mengatakan, seluruh pengurus agar aktif untuk menghidupkan kepengurusan di masing-masing tingkatan, Karena mengingat apabila kepengurusan tidak aktif maka statusnya akan diturunkan, baik itu Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) maupun ranting.


“Apabila kepengurusan MWCNU nya tidak memiliki ranting, maka statusnya akan diturunkan menjadi MWCNU persiapan, dan tidak memiliki hak suara pada konferensi cabang. Namun apabila status kepengurusan PCNU type A pada saat Muktamar akan memiliki empat hak suara, type B memiliki tiga suara, dan type C memiliki dua suara,” ujarnya. 


Lebih lanjut ia mengatakan selain itu ke depannya bagi yang akan menjadi pengurus harus sudah mengikuti beberapa tahapan di antaranya Pendidikan Dasar Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PD PKPNU) sebagai kaderisasi tingkat dasar, kemudian Pendidikan Kader Menengah Nahdlatul Ulama (PMKNU) sebagai kaderisasi tingkat menengah, selanjutnya Akademi Kepemimpinan Nasional Nahdlatul Ulama (AKN NU) sebagai kaderisasi tingkat tinggi.


Sementara itu Wakil Ketua Tanfidziyah bidang organisasi, Pardi menjelaskan, tujuan dilaksanakannya sosialisasi tersebut yakni menguatkan dan memberikan kepahaman landasan organisasi dan sistem kaderisasi kepada seluruh kepengurusan PCNU Way Kanan. 


“Maka kegiatan ini sangatlah penting untuk dilaksanakan khususnya pada PCNU Way Kanan, karena ini berkaitan dengan peraturan-peraturan perkumpulan Nahdlatul Ulama yang nantinya akan dijadikan landasan dalam berorganisasi dan sistem pengkaderan,” ungkapnya.


Menurutnya sehingga dengan adanya kesepahaman yang sama dalam pengkaderan akan berdampak bagaimana kapasitas seorang pengurus dan calon pengurus selanjutnya dalam meningkatkan dan menjalankan tugas-tugas Nahdlatul Ulama.


Peraturan Perkumpulan (Perkum) kaderisasi ini perlu diselenggarakan karena kaderisasi Nahdlatul Ulama ini yang paling mendesak. Di lingkungan NU sudah ditetapkan sistem kaderisasi berjenjang, ada yang namanya PD PKPNU, PMKNU, dan AKN NU.


“Bahkan untuk saat ini, seluruh pengurus NU akan menghadapi pekerjaan-pekerjaan yang sangat besar, sehingga membutuhkan personil atau aktivis yang memenuhi kualifikasi dan yang memiliki kapasitas yang cukup untuk mengerjakan tugas-tugas yang telah ditetapkan,” paparnya. 


Maka dari itu, Peraturan Perkumpulan NU ini perlu disosialisasikan agar nantinya dapat dijadikan acuan untuk menciptakan kader-kader militan.


Sekretaris PCNU Way Kanan, Din Hadi menyimpulkan, dari hasil rapat agar para Ketua MWCNU untuk mensosialisasikan kesepakatan tersebut, “Selanjutnya dalam waktu dekat PCNU Way Kanan akan mengadakan Pelatihan Wakaf dan Pelatihan Jurnalistik yang pesertanya dari setiap perwakilan MWCNU, diharapkan kepada setiap Badan Otonom (Banom) dan Lembaga agar selalu berkoordinasi dengan sekretariat dan melaporkan setiap kegiatan,” katanya. 


Selanjutnya sesuai dengan Surat Perintah Nomor: B.044/SPT/PC.NU/WK/5/2022 tentang Pengelolaan Gedung PCNU Way Kanan, sebagai Sekretariat MWCNU Kecamatan Baradatu 


Maka atas dasar tersebut PCNU Way Kanan menugaskan kepada MWCNU Kecamatan Baradatu untuk memfungsikan Gedung PCNU Way Kanan sebagai Sekretariat MWCNU Kecamatan Baradatu yang kemudian dapat menjaga kebersihan dan merawat gedung tersebut. 


Kemudian juga untuk dapat melaporkan jadwal piket jaga keamanan kantor harian kepada Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Way Kanan dan personil yang dimaksud yakni anggota Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama Baradatu dan anggota Pagar Nusa Baradatu.


Sementara Ketua Persatuan Guru Nadhlatul Ulama (Pergunu) Way Kanan, Ali Tahan Uji mengatakan, memiliki program unggulan yakni program Sarjana Strata dua (S2) secara gratis sehingga dirinya mengimbau bagi yang berminat untuk mengikuti program tersebut dipersilahkan untuk berkoordinasi dengan pengurus Pergunu Way Kanan.

(Teddy Heriyanto)
 


Warta Terbaru