• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 5 Desember 2022

Warta

PCNU Pringsewu Raih Predikat Sempurna dari Rais Syuriyah PWNU Lampung

PCNU Pringsewu Raih Predikat Sempurna dari Rais Syuriyah PWNU Lampung
PCNU Pringsewu Raih Predikat Sempurna dari Rais Syuriyah PWNU Lampung
PCNU Pringsewu Raih Predikat Sempurna dari Rais Syuriyah PWNU Lampung

Pringsewu, NU Online Lampung
Rais Syuriyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Lampung KH Muhsin Abdillah memberi predikat nilai kamal (sempurna) kepada kiprah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pringsewu.


Predikat ini diberikannya setelah melihat dan menerima laporan perkembangan PCNU Pringsewu dalam kunjungan kerja PWNU Lampung ke PCNU Bumi Jejama Secancanan Bersenyum Manis ini pada Selasa (26/7/2022).


"Saya membuat kriteria penilaian ada arda (paling rendah), radi (rendah), hasan (baik) ahsan (paling baik), kamal (sempurna) akmal (paling sempurna). NU Pringsewu masuk kamal (sempurna)," ungkapnya pada kunjungan kerja yang dipusatkan di Pesantren Hidayatut Thullab, Keputran, Sukoharjo, Pringsewu.


Pengasuh Pesantren Darussaadah Lampung Tengah ini mengungkapkan bahwa kunjungan kerja ini di antaranya adalah dalam rangka melihat secara langsung kondisi NU di 15 kabupaten/kota di Provinsi Lampung. Di antara yang menjadi perhatian adalah kinerja dari pengurus NU kabupaten dan juga upaya pengurus dalam menjaga akidah Ahlussunnah wal jamaah An-Nahdliyah di wilayah tersebut.


Dalam paparannya, Ketua PCNU Kabupaten Pringsewu H Taufik Qurrahim menjelaskan bahwa para pengurus NU Pringsewu terus melakukan konsolidasi, koordinasi, dan aksi program-program yang telah ditetapkan melalui musyawarah kerja cabang. Selain penguatan akidah Aswaja yang menjadi ruh dari NU, tiga sektor kehidupan masyarakat juga terus dimaksimalkan yakni ekonomi, pendidikan, dan kesehatan.


“Kita sudah memiliki lembaga ekonomi untuk kemandirian perkumpulan berupa BMT NU Pringsewu dan juga koperasi warga NU bernama Warnusa yang menjadi tempat peningkatan usaha warga NU di sektor ekonomi,” ungkapnya.


Di bidang pendidikan, PCNU Pringsewu melalui Lembaga Pendidikan Ma’arif NU juga sudah memiliki lembaga pendidikan yang secara kuantitas dan kualitas sudah teruji serta diminati oleh masyarakat. Lembaga pendidikan pesantren di Pringsewu pun sangat aktif berkiprah dalam asosiasi pesantren NU yakni Rabithah ma’ahid Islamiyah (RMI) NU Pringsewu.  


Di bidang layanan kesehatan, melalui Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah NU (LAZISNU) sudah memiliki empat armada ambulans yang memberikan layanan kesehatan gratis kepada masyarakat. Keberadaan pelayanan kesehatan, termasuk pengobatan gratis bagi masyarakat melalui jaring kesehatan, juga tak lepas dari masifnya Program Kotak Koin NU yang digawangi oleh LAZISNU Pringsewu.


Kondusivitas dan kebersamaan dalam pergerakan organisasi juga senantiasa menjadi prinsip utama dalam rangka mewujudkan program yang dapat meraih sasaran. Badan otonom dan lembaga senantiasa berkoordinasi dan mampu menjalankan tugas pokok serta fungsinya dengan maksimal.


Hadir dalam kunjungan kerja tersebut beberapa pengurus PWNU Lampung di antaranya Pelaksana Harian KetuaTanfidziyah PWNU Lampung Prof H Alamsyah beserta jajaran syuriyah dan tanfidziyah PWNU Lampung. Hadir juga Rais Syuriyah PCNU Pringsewu KH Hambali dan segenap jajaran pengurus PCNU, MWCNU, Banom, dan Lembaga NU di Pringsewu. (Muhammad Faizin)


Editor:

Warta Terbaru