• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 5 Desember 2022

Warta

PBNU Luncurkan Rangkaian Peringatan Harlah Satu Abad NU

PBNU Luncurkan Rangkaian Peringatan Harlah Satu Abad NU
Peluncuran peringatan Harlah satu abad NU
Peluncuran peringatan Harlah satu abad NU

Jakarta, NU Online Lampung
Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Miftachul Akhyar dan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf meluncurkan rangkaian peringatan Harlah Satu Abad Nahdlatul Ulama di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin  malam (20/6/2022).  Acara itu ditandai dengan peluncuran logo Harlah Satu Abad NU. 


Kiai Miftach dan Gus Yahya didampingi Katib Aam PBNU KH Akhmad Said Asrori, Sekretaris Jenderal PBNU H Saifullah Yusuf, Ketua Pengarah Peringatan Harlah Satu Abad NU H Erick Tohir dan Ketua Pelaksana Hj Zannuba Arifah Chafshoh atau Yenny Wahid.


Logo tersebut menunjukkan angka satu berwarna hijau yang diselimuti angka dua berwarna emas. Angka satu berarti angka seratus tahun, sedangkan angka dua menunjukkan arti memasuki abad kedua.

 

Bentuk pita yang membentuk angka dua itu melambangkan visi dan proyeksi NU untuk mendigdayakan NU dalam menjemput abad kedua. Sementara warna emas mencerminkan optimisme dan visi dunia yang hendak diraih.

 

Sebelumnya, PBNU telah menunjuk Erick Tohir sebagai Ketua Pengarah dan Yenny Wahid sebagai Ketua Pelaksana Peringatan Harlah Satu Abad NU.  Hal ini tertuang dalam Surat Keputusan PBNU tertanggal 6 Juni 2022 lalu.


Gus Yahya dalam konferensi pers menjelaskan, hari ulang tahun NU yang resmi ditetapkan berdasarkan kalender Hijriah, yakni 16 Rajab. Hal ini sesuai dengan keputusan Muktamar Ke-32 NU di Makassar Tahun 2010. 

 

"NU didirikan pada 16 Rajab 1344 H. Sekarang ini bulan Dzulqa'dah 1443 H. Kurang dari 2 bulan kita masuk 1444 H. Dengan demikian, hari lahir NU 16 Rajab 1444 H akan jatuh pada awal Februari 2023 mendatang," kata kiai asal Rembang, Jawa Tengah itu.


Adapun tema yang akan diusung dalam peringatan tersebut adalah Mendigdayakan Nahdlatul Ulama Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru. Gus Yahya menjelaskan bahwa pilihan tema tersebut didasarkan pada sebuah hadits Rasulullah saw mengenai adanya pembaharu di setiap 100 tahun. 


“Harlah ini menjadi momentum era baru NU.  Momentum yang kita tetapkan masuknya NU ke dalam era abad yang kedua," pungkasnya.


Warta Terbaru