Layanan Efektif dan Efisien, Kemenag Lampung Gelar Survei Pelayanan Publik dan Persepsi Korupsi
Sabtu, 10 Agustus 2024 | 04:51 WIB
Bandar Lampung, NU Online Lampung
Untuk memastikan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Lampung melaksanakan Rapat Survei Pelayanan Publik dan Persepsi Korupsi di Aula Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kemenag Lampung, Jumat (9/8/2024).
Kepala Bagian Tata Usaha Kemenag Lampung, Marwansyah menegaskan, hasil survei akan menjadi panduan penting bagi Kanwil Kemenag Lampung dalam menjalankan fungsi-fungsi pelayanan publik secara lebih efektif dan efisien.
“Survei ini adalah alat yang sangat penting bagi kita untuk mendapatkan gambaran yang objektif mengenai persepsi masyarakat terhadap pelayanan yang kita berikan,” ujarnya.
Menurutnya, serta persepsi mereka terhadap adanya praktik-praktik korupsi. Hasil dari survei ini akan menjadi bahan evaluasi kita untuk terus berbenah dan meningkatkan kualitas pelayanan.
“Hasil dari survei ini akan menjadi bahan evaluasi bagi kita semua. Ini bukan sekadar formalitas, tetapi sebuah alat yang memungkinkan kita untuk terus memperbaiki diri,” ungkapnya.
Kita ingin memastikan bahwa layanan yang diberikan benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan bebas dari praktik-praktik yang tidak etis.
Selain itu, ia juga menekankan perlunya dukungan dari seluruh elemen di Kanwil Kemenag Lampung untuk mewujudkan lingkungan kerja yang bersih dan profesional.
“Transparansi dan akuntabilitas adalah pilar utama dalam upaya kita untuk menciptakan layanan publik yang berkualitas dan berintegritas. Komitmen ini harus kita pegang teguh bersama,” tuturnya.
Sementara itu, Ketua Tim Organisasi dan Tata Laksana (Ortala), Alifah, dalam pengantar rapatnya menyampaikan rapat yang digelar ini bertujuan untuk mengukur kepuasan masyarakat, mengidentifikasi dan menganalisis persepsi masyarakat mengenai potensi korupsi dalam pelayanan publik.
“Kemudian juga mengidentifikasi atau menentukan area-area yang masih memerlukan perbaikan berdasarkan umpan balik masyarakat dan temuan survei,” katanya.
Ia juga menekankan pentingnya survei ini sebagai bagian dari upaya strategis Kanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.
“Saya mengajak kepada semua pihak yang terlibat untuk berpartisipasi aktif dalam mewujudkan pelayanan prima di lingkungan Kanwil Kemenag Lampung. Mari kita wujudkan pelayanan publik yang lebih baik dan bebas dari korupsi,” pungkasnya.
Rapat ini juga menjadi forum untuk membahas langkah-langkah yang akan diambil setelah hasil survei diperoleh, termasuk strategi peningkatan partisipasi masyarakat dalam memberikan umpan balik.
“Dengan demikian, Kanwil Kemenag Lampung diharapkan dapat terus meningkatkan kepercayaan publik melalui pelayanan yang lebih baik dan bersih dari korupsi,” katanya.
Rapat ini diikuti Pegawai Ortala, Pegawai PTSP, Humas, dan Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) Statistisi di lingkungan Kanwil Kemenag Lampung.
Terpopuler
1
Tata Cara dan Doa Lengkap Menyembelih Hewan Kurban
2
Lafal Takbiran Idul Adha dan Waktu Membacanya
3
Ini 6 Amalan Sunnah pada Hari Raya Idul Adha, 6 Juni 2025
4
Khutbah Jumat: Semua Manusia Sederajat di Hari Raya Kurban
5
Hukum Kurban dengan Hewan Betina
6
Keutamaan Hari Tasyrik dan Amalan yang Dapat Dilakukan
Terkini
Lihat Semua