• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Selasa, 23 April 2024

Warta

Ketua LTN NU Ajari Banser Lampung Ilmu Jurnalistik

Ketua LTN NU Ajari Banser Lampung Ilmu Jurnalistik
BANDAR LAMPUNG - Ketua Lembaga Ta'lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama  (LTN NU) Ila Fadilasari menjadi pemateri pada pendidikan jurnalistik kepada kader-kader Banser Lampung, yang dikemas dalam acara "Ngaji IT".
Kegiatan tersebut yang diselenggarakan oleh Satuan Kordinator Wilayah(Satkorwil) Banser Lampung, pada Minggu (9/4/17) di kantor PW Ansor Lampung Jl.Raden Gunawan, Rajabasa, Bandar Lampung.
Meskipun seorang wanita yang berada di tengah-tengah pasukan Banser, dalam hal jurnalistik, kemampuan Ila tak diragukan lagi.
Mba ila, demikian sapaan karibnya memberikan materi dasar-dasar jurnalistik dan teknik menulis berita.
"Dahulu sedikit orang atau kelompok yang menyukai jurnalistik, hanya beberapa kalangan tertentu. Tapi sekarang dengan kemajuan teknologi jurnalistik menjadi sesuatu yang tak bisa ditinggalkan, termasuk apa yang dilakukan oleh Banser saat ini, "katanya.
Lebih lanjut mantan jurnalis metro TV dan Majalah Tempo tersebut memberikan teknik atau cara menulis berita yang baik dan layak siar. Menurutnya tidak semua tulisan bisa disebut berita dan bisa dijadikan berita.
"Sebuah tulisan bisa dikatakan berita yang layak apabila tulisan tersebut memenuhi unsur 5W+1H, yakni what, when, where, who, dan how."
Selain itu sebuah berita bisa dikatakan layak untuk disiarkan apabila memenuhi beberapa kriteria. Diantara kriteria berita layak siar adalah aktual,  penting, berkaitan dengan peristiwa besar, menyangkut tokoh publik, menyentuh  sisi kemanusiaan, dan hal-hal yang bernuansa konflik, "ujarnya. (Sunarto)


Editor:

Warta Terbaru