• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 30 Januari 2023

Warta

Gedung Perpustakaan dan Studio Pesantren Al Hikmah Bandar Lampung Diresmikan

Gedung Perpustakaan dan Studio Pesantren Al Hikmah Bandar Lampung Diresmikan
Proses pemotongan pita dalam Peresmian Gedung Perpustakaan dan Studio Al Hikmah Bandar Lampung
Proses pemotongan pita dalam Peresmian Gedung Perpustakaan dan Studio Al Hikmah Bandar Lampung

Bandar Lampung, NU Online Lampung
Yayasan Al Hikmah Kedaton Bandar Lampung mengadakan pemotongan pita peresmian Gedung Baru 3 lantai oleh pembina yayasan, Nyai Hj Fatimah pada Rabu (23/2/2022). Pada gedung tersebut juga terdapat perpustakaan dan studio Al Hikmah sebagai penunjang kegiatan santri.

 

Sebelum pemotongan pita, seluruh struktural yayasan, tukang bangunan, dan keluarga besar Bani Sobari berkumpul di halaman Masjid Nurul Yaqin. Pemotongan pita terlebih dahulu dibuka dengan hadlarah Fatihah oleh Ketua Yayasan Al Hikmah, KH Basyaruddin Maisir.

 

Setelah pemotongan pita, semuanya naik ke lantai 3 untuk membaca Yasin, tahlil dan doa bersama-sama. Sebelum pembacaan Yasin, ketua yayasan memberikan sambutan dan ucapan ramah tamah kepada hadirin.

 

KH Basyaruddin Maisir menjelaskan gedung yang terdiri 3 lantai memiliki fungsi dan perannya masing-masing. "Gedung ini terdiri dari perpustakaan terpadu Al Hikmah, pada lantai satu. Kantor yayasan dan ruang rapat lantai 2. Ruang studio, minat bakat, dakwah dan alumni, dan media yayasan terletak di lantai tiga," ujarnya.

 

Lebih lanjut ia mengatakan, pembangunan ini membutuhkan waktu selama 7 bulan dan semuanya rampung dalam waktu 7 bulan. Kiai Maisir sapaan akrabnya, juga menerangkan nantinya gedung baru tersebut menjadi awal dari seluruh progam Al Hikmah dan menjadi pemecah segala permasalahan di Al Hikmah.

 

"Kebijakan-kebijakan pendidikan dan pesantren akan lahir dari gedung ini. Kami menjadwalkan berkumpul setiap hari Rabu. Jika satu Minggu ada masalah, maka kalau bisa selesai hari Rabu. Hari Rabu menjadi kebijakan-kebijakan yayasan Al Hikmah," ungkapnya.

 

Menurutnya, pada lantai dasar digunakan untuk perpustakaan, karena perpustakaan menjadi pusat jendela ilmu. Gedung ini menjadi pusat dari seluruh kegiatan yayasan. Kiai Maisir juga mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh jajaran tukang yang mewujudkan terwujudnya bangunan baru Al Hikmah.

 

"Terima kasih sebanyak-banyaknya kepada bapak-bapak tukang yang bekerja selama 7 bulan. Semoga ini menjadi amal dan kenang-kenangan bagi bapak-bapak bahwa pernah berkarya disini," katanya.

 

Lurah Pesantren Al Hikmah, Ustadz Mahfudz Nasir mengatakan, banyak manfaat dengan adanya bangunan perpustakaan terpadu dan studio Al Hikmah.

 

"Pertama, adanya perpustakaan terpadu Al Hikmah menjadikan santri lebih semangat belajar dengan adanya buku-buku agama dan kitab-kitab agama yang menjadikan para santri berwawasan luas baik agama maupun umum. Kedua, adanya studio Al Hikmah mengajarkan para santri bahwa dakwah bisa lebih tersebar luas dengan adanya media sosial, juga menjadi tantangan para santri yang hidup di era Industri 4.0," katanya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Yayasan juga mengumumkan bahwa sebulan lagi Al Hikmah akan mengadakan Haul pendiri Al Hikmah, Almaghfurlah KH Muhammad Sobari, serta Khotmil Qur'an 30 Juz dan Musyawarah Besar (MUBES) Ikatan Alumni (IKA) Al Hikmah Bandar Lampung.

 

Al Hikmah juga akan menambah 2 lokal kelas lagi di Gedung B. Melanjutkan pembangunan asrama putri As-Shafa yang terlantar selama 2 tahun. Serta membangun asrama putra dan kantor pondok 4 lantai.

 

Acara dilanjutkan dengan pembacaan Yasin dan Tahlil oleh Ustadz Ahmad Luthfi dan doa oleh Kiai Abdul Basith. Serta pemotongan tumpeng oleh pembina yayasan.

(Yudi Prayoga)


Warta Terbaru