• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Jumat, 9 Desember 2022

Warta

Fatayat Lampung Barat Gelar Lomba Festival Al Barzanji

Fatayat Lampung Barat Gelar Lomba Festival Al Barzanji
Festival Barzanji Fatayat NU Lampung Barat (Foto: Istimewa)
Festival Barzanji Fatayat NU Lampung Barat (Foto: Istimewa)

Lampung Barat, NU Online Lampung

Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama Lampung Barat menggelar lomba festival Al Barzanji tingkat kabupaten di Pondok Pesantren Miftahul Huda, Kecamatan Way Tenong, Kabupaten Lampung Barat, Ahad (20/11/2022). Festival al-Barzanji ini diselenggarakan bekerjasama dengan Kementerian Agama Kabupaten Lampung Barat sebagai ikhtiar melestarikan tradisi Islam Nusantara dan sebagai ajang silaturahim.


Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Kementerian Agama Kabupaten Lampung Barat, Miftahus Surur mengatakan, Festival Barzanji ini penting dan perlu terus dilaksanakan sebagai salah satu tradisi keagamaan yang harus dijaga.


“Tidak kalah penting adalah bagaimana meneladani sikap, sifat dan perilaku Rasulullah saw. Memulai tradisi yang bagus dengan Festival Barzanji ini merupakan salah satu identitas Islam Nusantara,” ujarnya.


Ketua Pelaksana, Mir Atul Ngulya mengatakan, acara festival ini diselenggarakan dalam rangka memuliakan Rasulullah saw.


“Ini adalah Festival Al Barzanji pertama yang dilaksanakan oleh Fatayat Lampung Barat, sekaligus ajang untuk membangun silaturahim,” ujarnya.


Kegiatan ini mengusung tema Membumikan Nilai-Nilai Aswaja Dengan Melestarikan Tradisi Nusantara. Lomba festival al-barzanji menuai antusiasme yang sangat tinggi, tercatat sebanyak 31 grup barzanji yang mendaftar sebagai peserta lomba. 


Bupati Lampung barat yang diwakili Camat Way Tenong, Dahlin menyampaikan, dukungan atas penyelenggaraan dan mengapresiasi positif adanya kegiatan festival barzanji yang digelar se-Kabupaten Lampung Barat ini.


“Harapannya barzanji akan terus dibaca oleh masyarakat, terlebih dalam suatu acara penting seperti kelahiran anak atau acara lainnya. Oleh sebab itu, generasi muda jangan sampai mengabaikan tradisi keagamaan yang baik ini,” ungkapnya.


Ketua PC Fatayat Kabupaten Lampung barat, Titi Sari Saputro mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan yang diinisiasi untuk pertama kalinya dan akan direncanakan berkelanjutan untuk ke depannya 


“Berharap kepada pemerintah daerah agar terus mendukung kegiatan pelestarian budaya Islam Nusantara khususnya di Kabupaten Lampung Barat,” ujarnya.


Lebih lanjut ia mengatakan festival barzanji ini diikuti sebanyak 30 grup yang masing-masing grupnya berjumlah 5 sampai 7 orang. Dengan keseluruhan pesertanya berasal dari seluruh Kabupaten Lampung Barat.


Turut hadir dalam acara tersebut anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Lampung Barat Heri Gunawan, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lampung Barat Kiai Imam Syafii, Sekretaris Dinas Kominfo Indrayani, dan Peratin Tambak Jaya. 

(Siti Makrifah)
 


Warta Terbaru