• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 30 Januari 2023

Warta

Buka Raker FKUB Pringsewu, Wabup: Pengurus FKUB Semangat dan Cepat Bergerak

Buka Raker FKUB Pringsewu, Wabup: Pengurus FKUB Semangat dan Cepat Bergerak
Wakil Bupati Pringsewu H Fauzi. (Foto: NU Online/Faizin)
Wakil Bupati Pringsewu H Fauzi. (Foto: NU Online/Faizin)

Pringsewu, NU Online Lampung

 

Wakil Bupati Pringsewu H Fauzi memberikan apresiasi kepada para pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Pringsewu periode saat ini yang memiliki semangat untuk bergerak dalam menjalankan program organisasi. Walaupun baru dikukuhkan pada pertengahan tahun 2021, FKUB sudah menunjukkan kinerjanya dalam mewujudkan kerukunan di Bumi Jejama Secancanan Bersenyum Manis.

 

“Saya mengapresiasi gerakan FKUB yang sangat cepat dan semangat dalam kebersamaan pengurus,” ungkapnya saat membuka Rapat Kerja Pengurus FKUB Periode 2021-2026 di Hotel Urban, Kamis (7/10/2021).

 

Fauzi mengingatkan bahwa kerukunan umat beragama menjadi isu sentral dan penting dalam mewujudkan kesejahteraan dan pembangunan daerah. Tanpa kerukunan dalam masyarakat, maka pembangunan pun tidak akan dapat berjalan dengan baik.

 

“Apalagi di Pringsewu yang terkenal memiliki masyarakat yang plural dengan keanekaragaman. Ini harus dikelola dengan baik agar tidak menjadi sumber konflik malah sebaliknya harus menjadi kekayaan daerah,” ungkapnya.

 

Semua elemen juga harus menjaga kondusivitas yang selama ini sudah terjaga di Kabupaten Pringsewu. Khususnya media yang harus mampu memberikan informasi yang tidak berlebih seperti menjadikan permasalahan atau konflik kecil menjadi berita yang terkesan besar dalam pandangan masyarakat.

 

Hal senada juga disampaikan FKUB Provinsi Lampung KH Muhammad Bahruddin yang mengajak semua elemen khususnya pemerintah dan para pengurus FKUB untuk terus berupaya meminimalisir jika ada konflik yang terjadi di masyarakat.

 

“Peran FKUB saat ini sangat strategis serta berperan penting dan sudah selayaknya dalam berita dijadikan headline. Bukan berita kecil di bagian belakang,” ungkapnya.

 

Petingnya keberadaan FKUB ini, Pemerintah harus menjalin sinergitas dengan FKUB yang di dalamnya merupakan tokoh lintas agama. Menurutnya, Mendagri Tito Carnavian pun pernah menginstruksikan kepada seluruh kepala daerah agar menganggarkan pendanaan bagi FKUB dalam Anggaran Pendapatan Daerah atau APBD.

 

Sementara Ketua Pelaksana Raker FKUB Pringsewu H Muhtasor mengatakan bahwa Raker ini mengangkat tema Meneguhkan Kerukunan, Mewujudkan Kedamaian di Bumi Jejama Secancanan. Ia menyebut bahwa kegiatan ini bertujuan menajamkan program-program kegiatan dalam tiga bidang yang ada dalam kepengurusan FKUB Pringsewu yakni Bidang Pemeliharaan Kerukunan, Bidang Pemberdayaan FKUB, dan Bidang Pendirian Rumah Ibadat.

 

“Dalam raker ini juga kita agendakan menyusun dan mengesahkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga FKUB Kabupaten Pringsewu dan memberikan pembekalan kepada Pengurus FKUB,” ungkapnya.

 

Hadir pada Raker tersebut, Wakil Bupati Pringsewu H Fauzi, Kaban Kesbangpol Pringsewu Sukarman, Kasubag TU Kantor Kementerian Agama Pringsewu Sakban, jaran pengurus FKUB Kabupaten Pringsewu, dan undangan dari FKUB kabupaten. (Muhammad Faizin)


Warta Terbaru