• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Selasa, 23 April 2024

Warta

1 Miliar Shalawat Nariyah Nahdliyin, Untuk Keberkahan dan Kemaslahatan Bangsa

1 Miliar Shalawat Nariyah Nahdliyin, Untuk Keberkahan dan Kemaslahatan Bangsa
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf. (Foto: LTN PBNU).
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf. (Foto: LTN PBNU).

Surabaya, NU Online Lampung

Peringatan dan perayaan Hari Nasional Santri (HSN) 2023, menarik perhatian banyak pihak. Dari sejumlah klaster yang mengiringi HSN, antusiasme warga melimpah. 


Menyaksikan hal ini, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf menjawabnya dengan mengajak warga hadir dalam agenda Semiliar Shalawat Nariyah.


Semiliar Shalawat Nariyah, masuk dalam kategori acara yang diyakini akan memenuhi rasa lapar ruhaniyah warga. 


“Malam ini ba’da shalat Isya’ berjamaah, akan dilaksanakan pembacaan satu miliar Shalawat Nariyah,” kata Gus Yahya sapaan karibnya, kepada pers di Surabaya, Sabtu (21/10/2023).


Gus Yahya sendiri tampak antusias menyimak perkembangan setiap acara peringatan hari santri nasional 2023, hingga agenda tadi pagi, Jalan Santai bersama jutaan warga di Jl Gebernur Suryo, Surabaya. 


“Sejak memasuki Oktober 2023, banyak pihak mengangankan dan menginginkan Oktober menjelma Bulan Santri, sebagaimana Juni bulan Bung Karno dan Desember Bulan Gus Dur,” ungkapnya.


Ia memberi penekanan tersendiri untuk klaster Shalawat ini. Semiliar Shalawat Nariyah ini akan dilaksanakan oleh seluruh warga  Nahdlatul Ulama di seluruh daerah. 


“Terutama juga adalah seluruh struktur NU di seluruh tingkat kepengurusan, lembaga, badan otonom, pondok pesantren, dan seluruh unit bidang amaliyah NU, termasuk lembaga pendidikan NU,” tuturnya. 


Setelah meninggalkan Satu Abad NU yang telah menjelma limpahan barakah bagi warga NU dan bangsa Indonesia dan memasuki abad kedua NU. Ia berharap, Semiliar Shalawat Nariyah bisa menjadi pagar yang melindungi warga dan umat manusia. 


“Dengan pembacaan satu miliar Shalawat Nariyah ini, kita harapkan keberkahan dan kemaslahatan terlimpahkan kepada kita semua, Bangsa Indonesia,” katanya.


Atas dasar manfaat dan tradisi baik bershalawat, maka Gus Yahya menganjurkan agar kegiatan ibadah yang menjadi salah satu agenda unggulan HSN 2023, diikuti oleh segenap Nahdliyin dan segenap umat Islam. 


“PBNU menyerukan kepada seluruh warga NU dan juga seluruh umat Islam dari berbagai kalangan, untuk melaksanakan pembacaan Shalawat Nariyah ini,” ujar Gus Yahya.


Waktu pelaksanaannya hari ini, Sabtu 21 Oktober 2023, diawali Shalat Isya’ berjamaah, untuk kejayaan negeri. Untuk di Surabaya, kegiatan 1 Miliar Shalawat Nariyah akan dilaksanakan di Masjid Al Akbar, Surabaya. 
 


Warta Terbaru