• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Minggu, 27 November 2022

Pendidikan

RMI PWNU Lampung Gelar Ngaji EMIS Pesantren se-Provinsi Lampung

RMI PWNU Lampung Gelar Ngaji EMIS Pesantren se-Provinsi Lampung
RMI PWNU Lampung Gelar Ngaji EMIS Pesantren se-Provinsi Lampung di Pondok Pesantren Raudlatul Qur'an Kampus 1 Tamaddun, Metro, Ahad (19/09/2021) kemarin
RMI PWNU Lampung Gelar Ngaji EMIS Pesantren se-Provinsi Lampung di Pondok Pesantren Raudlatul Qur'an Kampus 1 Tamaddun, Metro, Ahad (19/09/2021) kemarin

Metro, NU Online - Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) PWNU Lampung mengadakan ngaji EMIS bersama Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung. Acara dilaksanakan di Pondok Pesantren Raudlatul Qur'an Kampus 1 Tamaddun, Metro, Ahad (19/09/2021) kemarin.

EMIS (Education Management Information System) merupakan sistem manajemen data pendidikan Islam yang berperan dalam menunjang proses perencanaan dan pengambilan kebijakan program pendidikan Islam pada Kementerian Agama.

EMIS merupakan suatu sistem pendataan pendidikan yang dikelola oleh Kementerian Agama, yang saat ini tengah melakukan revitalisasi dan pengembangan untuk menghadirkan sistem yang lebih baik dan lebih handal dengan didukung oleh teknologi yang lebih mutakhir serta beberapa terobosan baru.

Kegiatan Ngaji EMIS ini mengundang seluruh pengasuh Pondok Pesantren se-Provinsi Lampung untuk mendengarkan materi EMIS dari perwakilan Kementerian Agama Provinsi Lampung.
Pemateri dalam kegiatan ini yakni Ustadz Noventa Yudiar yang merupakan Kepala Seksi Pondok Pesantren Kementerian Agama Provinsi Lampung.

"Mari kita sampaikan kepada kiai atau gus di Ponpes nya masing-masing. Ayo kita kawal EMIS ini. Karena kalau tanpa EMIS, apa yang ada di Pesantren tidak terbaca dan tidak terkoneksi dengan data yang ada di Kementerian Agama," ujar Ustadz Noventa Yudiar yang juga Bendahara Lembaga Bahtsul Masail (LBM) PCNU Kota Bandar Lampung.

Menurutnya, sekarang ini Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang terkoneksi pada Sistem Informasi Manajemen Bantuan (SIMBA) Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren menggunakan EMIS.Pentingnya informasi mengenai EMIS ini karena berkaitan dengan seluruh data yang ada di Pesantren harus tersinkronisasi dengan Kemenag.

"Terima kasih atas kehadiran para pengasuh Pondok Pesantren. Yang kemudian akan meneruskan perjuangan abah-abahnya untuk memimpin Pesantren di masa mendatang," kata Perwakilan dari Ponpes Raudlatul Qur'an, Gus Yahya.

Turut hadir juga dalam acara ini beberapa kiai, pengasuh, dan pimpinan dari berbagai Pondok Pesantren, serta beberapa pengurus dan Ketua RMI PWNU Lampung, Gus Hisyam.

RMINU bertugas melaksanakan kebijakan Nahdlatul Ulama di bidang pengembangan pondok pesantren dan pendidikan keagamaan. Rabithah Ma’ahid Islamiyah NU juga merupakan lembaga Nahdlatul Ulama dengan basis utama pondok pesantren yang mencapai +23.000 pondok di seluruh Indonesia.  (Dian Ramadhan)

 


Editor:

Pendidikan Terbaru