Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya

Syiar

Waktu yang Utama untuk Membaca Al-Qur’an 

santri membaca Al-Qur'an

Aktivitas membaca Al-Qur’an sangat dianjurkan bagi kita umat Islam. Tidak hanya pada bulan Ramadhan saja kita menggiatkan membaca Al-Quran, namun perlu kita lakukan kapan dan di mana saja.

 

Namun perlu kita ketahui waktu-waktu yang utama dalam membaca Al-Qur’an, baik pada waktu siang maupun pada waktu malam. 

 

Imam An-Nawawi dalam Kitab Al-Adzkar membagi dua waktu pilihan yang dapat dipergunakan untuk membaca Al-Qur’an, seperti dilansir dari Waktu-waktu yang Baik untuk Membaca Al-Qur’an

 

Pertama, waktu membaca Al-Qur’an di dalam shalat. Kedua, waktu membaca Al-Qur’an di luar shalat.


فصل في الأوقات المختارة للقراءة : إعلم أن أفضل القراءة ما كان في الصلاة ، ومذهب
في الصلاة بالقراءة أفضل من تطويل السجود وغيره 


Baca Juga:
Bupati Ingin Ada Perguruan Tinggi Al Quran di Pringsewu

 

Artinya: Pasal mengenai waktu-waktu pilihan untuk membaca Al-Qur’an. Ketahuilah waktu paling utama dalam membaca Al-Qur’an adalah pada saat melakukan shalat. Mazhab As-Syafi’i dan lainnya berpendapat, ‘Memperpanjang durasi diri dengan membaca Al-Qur’an pada saat shalat lebih utama daripada melamakan durasi sujud dan rukun shalat lainnya (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Kairo, Darul Hadits: 2003 M).

 

Berikut ini waktu pilihan yang sebaiknya dipergunakan untuk membaca Al-Qur’an di luar aktivitas shalat. Imam An-Nawawi kemudian menyebutkan secara rinci waktu yang baik untuk membaca Al-Qur’an.

 

Imam An-Nawawi membagi dua waktu membaca Al-Qur’an di luar shalat. Pertama, malam. Kedua, siang. Malam lebih utama daripada siang untuk aktivitas membaca Al-Qur’an:


Baca Juga:
Selain Hafal Quran, Para Santri Pesantren Tahfidz ini Juga Jago di Bidang Seni

 

Waktu Malam:

 

1. Pada waktu malam. 
2. Paruh kedua malam (paruh kedua malam lebih utama daripada paruh pertama malam). 
3. Paruh pertama malam.
 4. Pada waktu antara maghrib dan isya. 

 

Waktu Siang: 

 

1. Pada setelah subuh. (Ini waktu paling utama untuk membaca pada siang hari). 2. Pada waktu selain subuh tanpa ada kemakruhan dan larangan lainnya.

 

Pada prinsipnya, aktivitas membaca Al-Qur’an baik dilakukan pada hari dan bulan apa saja. Tetapi, memang ada hari dan bulan tertentu yang perlu mendapat prioritas atau intensitas lebih tinggi dalam membaca Al-Qur’an.   

 

Hari dan Bulan Pilihan Membaca Al-Qur’an: 


1. Jumat. 
2. Senin. 
3. Kamis. 
4. Hari Arafah (9 Zulhijjah). 
5. 10 hari pertama bulan Zulhijjah 
6. 10 hari terakhir bulan Ramadhan. 

 

Demikian sejumlah waktu, hari, dan bulan baik untuk membaca Al-Qur’an lebih banyak yang disebutkan oleh Imam An-Nawawi pada karyanya Al-Adzkar. Semoga kita dapat meningkatkan aktivitas membaca Al-Quran pada waktu-waktu utama tersebut.

Ila Fadilasari
Editor: Yudi Prayoga

Artikel Terkait