Mana yang Utama Shalat Witir Dua Salam atau Satu Salam?
Sabtu, 15 Maret 2025 | 08:06 WIB
Kiai, di kampung saya shalat witir dikerjakan dengan dua rakaat salam lalu satu rakaat lagi salam. Apakah boleh shalat witir seperti itu ? Ada yang bilang katanya ini cara witir yang aneh.
๐๐ฎ๐๐ฎ๐ฏ๐ฎ๐ป
Oleh: Ustadz Ahmad Syahrin Thoriq
Shalat Witir disepakati pensyariatannya dan hukumnya sunnah muakkadah menurut pendapat mayoritas ulama.[1] Dan mengenai tata caranya yang dikerjakan dengan tiga rakaat dua salam seperti yang ditanyakan itu bukan hanya boleh, tapi justru itu yang lebih afdhal dari yang dikerjakan dengan hanya satu salam.
Meskipun boleh saja witir itu dengan tiga rakaat satu salam, lima rakaat satu salam bahkan ada hadits Nabi yang menyebutkan beliau pernah shalat witir hingga 9 rakaat dengan satu salam.[2] Itu semua dibolehkan termasuk dengan mengerjakan witir hanya satu rakaat juga boleh dalam pandangan mayoritas ulama.[3]
๐ช๐ถ๐๐ถ๐ฟ ๐๐ฎ๐๐ ๐ฟ๐ฎ๐ธ๐ฎโ๐ฎ๐
Kalangan Syafiโiyyah dan Hanabilah berpendapat bahwa paling sedikitnya shalat witir adalah satu rakaat.[4] Dalilnya adalah :
ุตูููุงุฉู ุงูููููููู ู ูุซูููู ู ูุซูููู ููุฅูุฐูุง ุฎูุดููู ุฃูุญูุฏูููู ู ุงูุตููุจูุญู ุตููููู ุฑูููุนูุฉู ููุงุญูุฏูุฉู
Artinya: Shalat malam dikerjakan dua rakaat, dua rakaat. Jika salah seorang dari kalian khawatir subuh tiba, shalatlah satu rakaat sebagai witirย (HRย Bukhari dan Muslim).
Berkata al imam Nawawi rahimahullah:
โุฏููู โุนูู โุฃู โุฃูู โุงููุชุฑ โุฑูุนุฉ ูุฃู ุงูุฑูุนุฉ ุงููุฑุฏุฉ ุตูุงุฉ ุตุญูุญุฉ ููู ู ุฐูุจูุง ูู ุฐูุจ ุงูุฌู ููุฑ
Artinya: Hadits tersebut merupakan dalil bahwa shalat witir yang dikerjakan satu rakaat saja hukumnya sah, ini adalah pendapat mazhab kami dan juga yang menjadi pendapat dari mayoritas ulama'.โ[5]
๐ช๐ถ๐๐ถ๐ฟ T๐ถ๐ด๐ฎย R๐ฎ๐ธ๐ฎ๐ฎ๐
Witir dengan jumlah tiga rakaat adalah shalat witir yang disebut oleh Syafiโiyyah dan Hanabilah dengan istilahย adna al kamal (yang paling rendah dari kesempurnaan). Artinya, mengerjakan witir itu sudah tingkatan sempurna meski berada di tingkat bawah karena shalat ini boleh dikerjakan dalam rakaat yang lebih banyak lagi.
Dan untuk witir tiga rakaat ini, ada riwayat yang menyebutkan Nabi ๏ทบ pernah mengerjakan dengan dua salam dan juga pernah dengan satu salam.
a. Dengan satu salam
ููุงูู ุฑูุณููููู ุงูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููููุชูุฑู ุจูุซููุงูุซู ูุงู ููููุตููู ุจูููููููููู.
Artinya: Dari โAisyah radiallahu โanha berkata: Adalah Rasulullah ๏ทบ berwitir tiga rakaat, baginda tidak memisahkan antara rakaat-rakaat tersebutย (HRย Ahmad).
b. Dengan dua salam
ุฃูุฎูุจูุฑูููู ุณูุงููู ู ุจููู ุนูุจูุฏู ุงูููููู ุจููู ุนูู ูุฑู ุ ุนููู ุงุจููู ุนูู ูุฑู : ุฃูููููู ููุงูู ููููุตููู ุจููููู ุดูููุนููู ููููุชูุฑููู ุจูุชูุณููููู ูุฉู ุ ููุฃูุฎูุจูุฑู ุงุจููู ุนูู ูุฑู ุฑูุถููู ุงูููููู ุนูููููู ูุง ุ ุฃูููู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุงูู ููููุนููู ุฐููููู
Artinya: Telah menceritakan kepadaku Salim bin Ibnu Umar: Sesungguhnya Ayahnya memisahkan antara rakaat yang genap dengan rakaat yang ganjil dengan salam, dan Ibnu Umar mengabarkan: โ Sesungguhnya Nabi ๏ทบ juga melakukan seperti itu (yaitu) memisahkannya dengan satu salamย (HR Thabrani). [6]
๐ช๐ถ๐๐ถ๐ฟ ๐ฑ R๐ฎ๐ธ๐ฎ๐ฎ๐
ุนููู ุนูุงุฆูุดูุฉู : ุฃูููู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุงูู ููุตููููู ู ููู ุงูููููููู ุซูููุงุซู ุนูุดูุฑูุฉู ุฑูููุนูุฉู ูููุชูุฑู ุจูุฎูู ูุณู ููุง ููุฌูููุณู ุฅููููุง ููู ุงููุฎูุงู ูุณูุฉู ููููุณููููู ู
Artinya: Dari Aisyah,ย bahwa Rasulullah ๏ทบ melaksanakan shalat malam sebanyak tiga belas rakaโat dan berwitir lima rakaโat. Beliau tidak duduk (membaca tasyahud) kecuali pada rakaโat yang kelima, lalu salamย (HRย Ahmad).
๐ช๐ถ๐๐ถ๐ฟ ๐ณ R๐ฎ๐ธ๐ฎ๐ฎ๐
ุนููู ุฃูู ูู ุณูููู ูุฉู: ููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ูููุชูุฑู ุจูุฎูู ูุณู ููุจูุณูุจูุนู ูุงู ููููุตููู ุจูููููููุง ุจูุณููุงูู ู ูููุงู ุจููููุงูู ู
Artinya: Dari Ummu Salamah, Rasulullah ๏ทบ shalat witir dengan lima dan tujuh rakaat yang tidak dipisah dengan salam atau bicara (HRย Nasai).
Dan demikian juga ada riwayat beliau shalallahuโalaihi wassalam shalat witir dengan 9 rakaatย [7], 11 rakaat [8], dan 13 rakaat. [9]
๐๐ฎ๐๐ต๐ฎ๐น ๐ฑ๐ฎ๐ป ๐ช๐ฎ๐๐ต๐ฎ๐น
Dan pelaksanaan witir dengan tiga, lima, tujuh, sembilan rakaat dan seterusnya ini terbagi menjadi dua, yakni yang disebut fashl dan washl.
Fashal artinya witir yang dikerjakan dengan dikerjakan secara terpisah-pisah oleh salam. Jika tiga rakaat berarti dua rakaat salam, lalu ditambah satu rakaat lagi. Jika lima rakaat, dua rakaat salam, lalu dua rakaat salam lagi dan ditutup dengan satu rakaat, demikian seterusnya.
Sedangkan washal, artinya shalat witir dikerjakan dengan cara bersambung, tiga rakaat shalat ditutup hanya dengan satu salam, lima rakaat satu salam, demikian seterusnya.
Manakah yang afdhalย antara witir dengan fahsal atau washal?
Menurut mayoritas ulama, yang afdhal dalam mengerjakan witir adalah dengan cara fashal alias salam di setiap dua rakaatnya, lalu ditutup satu rakaat. Disebutkan dalam al Mausuโah:
ููุงููุง: ุฅู ุงููุตู ุฃูุถู ู ู ุงููุตูุ ูุฒูุงุฏุชู ุนููู ุงูุณูุงู ูุบูุฑู.
Artinya: Dan mereka mengatakan, sesungguhnya fashal lebih afdhal dari washal. Karena di dalamnya ada tambahan salam dan selainnya. [10]
Berkata al imam Nawawi rahimahullah:
ูุฃู ุงูุตุญูุญ ุนูุฏูุง ุฃู โุงููุตู โุฃูุถู ููู ููู ุงุจู ุนู ุฑ ูู ุนุงุฐ ุงููุงุฑุฆ ูุนุจุฏ ุงููู ุจู ุนูุงุด ุงุจู ุงุจู ุฑุจูุนุฉ ูู ุงูู ูุงุญู ุฏ ูุงุณุญู ูุฃุจู ุซูุฑ ููุงู ุงูุฃูุฒุงุนู
Artinya: Dan sesungguhnya yang shahih di sisi kami (Syafiโiyyah) bahwa yang afdhal adalah (witir) dengan cara fashal. Dan ini juga adalah pendapat Ibnu Umar, Muโadz al Qari, Abdullah bin Ayyasy, imam Malik, imam Ahmad, imam Ishaq, Abu Tsauri dan juga Auzaโi. [11]
Berkata al Qahthani al Hanbali rahimahullah:
ูุงู ุดูุฎ ุงูุฅุณูุงู ูุฎูุฑ ุจูู ูุตูู ููุตูู ูุตุญุญ ุฃู ููููู ุง ุฌุงุฆุฒ... ููู โุงููุตู ุฃูุถู ู ู ุงููุตู
Artinya: Dan telah berkata Syaikhul Islam : dan boleh dipilih antara mengerjakan (witir) secara fashl atau washal dan yang shahih kedua cara ini dibolehkan... Akan tetapi mengerjakan secara fashal (dengan terpisah-pisah oleh salam) lebih utama dari washal (dengan satu salam). [12]
Dalil bahwa melakukan fashal dalam witir lebih afdhal dari washal adalah hadits-hadits berikut ini:
1. Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, ia berkata:
ุฃููู ุฑุณููู ุงูููู ุตูููู ุงูููู ุนููู ูุณูููู ูุงู ููุตููู ุจููู ุงูุดูููุนู ูุงูููุชูุฑู
Artinya: Rasulullah ๏ทบ shalat dengan memisahkan antara rakaat yang genap dan yang ganjilย (HRย Ibnu Hibban).
2. Dari ummul mukminin Aisyah radhiyallahu โanha, ia berkata:
ุงููุนูุดูุงุกู ูููููู ุงูููุชูู ููุฏูุนูู ุงููููุงุณู ุงููุนูุชูู ูุฉู ุฅูููู ุงููููุฌูุฑู ุฅูุญูุฏูู ุนูุดูุฑูุฉู ุฑูููุนูุฉู ููุณููููู ู ุจููููู ููููู ุฑูููุนูุชููููู ูููููุชูุฑู ุจูููุงุญูุฏูุฉู ุฃุฎุฑุฌู ู ุณูู .
Artinya: Dahulu, Rasulullah ๏ทบ shalat antara setelah selesai shalat Isya`, yaitu yang disebut oleh orang-orang dengan โ al-โatamah โ sampai fajar sebelas rakaat dengan salam setiap dua rakaat dan berwitir satu rakaatย (HRย Muslim).
3. Dari Ibnu Umar radhiyallahuโanha, ia berkata:
ุตูููุงุฉู ุงูููููููู ู ูุซูููู ู ูุซูููู
Artinya: Shalat malam dua rakaat dua rakaatย (HRย Bukhari dan Muslim).
๐๐ฒ๐๐ถ๐บ๐ฝ๐๐น๐ฎ๐ป
Maka jelas bahwa mengerjakan shalat witir yang tiga rakaat dengan dua salam bukanlah cara shalat yang aneh, justru ini adalah yang dipandang lebih utama oleh jumhur ulama. Malah yang aneh itu kalau ada yang menuduh sesuatu yang lazim dan lumrah dengan sebutan aneh.
Demikian, wallahu aโlam.
___
[1] Al Mausuโah al Fiqhiyyah al Kuwaitiyyah (27/291), Fiqh al Islami wa Adilaltuhu (2/1009)
[2] HR. Muslim dalam Kitab Shalatul Musafirin Wa Qashriha no. 1233.
[3] Al Mughni li Ibn Qudamah (2/150)
[4] Al Mausuโah Fiqhiyyah al Kuwaitiyyah (27/294)
[5] Syarah Shahih Muslim (6/19)
[6] Ibnu Hajar dalam Fath al Bari (2/482) mengatakan bahwa Isnad hadits ini kuat.
[7] HR. Abu Dawud No.1145
[8] Dalam musnad imam Ahmad no. 23901
[9] HR. Muzaniy dlm Kitab As Sunan Al Ma'tsurah Riwayah Al Muzani, no. 53.
[10] Al Mausuโah Fiqhiyyah al Kuwaitiyyah (27/295)
[11] Majmuโ Syarh al Muhadzdzab (4/24)
[12] Al Ihkam Syarh Ushul Ahkam (1/292)