• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 5 Desember 2022

Warta

Pesan Moral PBNU Untuk PCNU Lampung Tengah Masa Khidmah 2022-2027

Pesan Moral PBNU Untuk PCNU Lampung Tengah Masa Khidmah 2022-2027
Wakil Ketua PBNU, KH Zulfa Mustofa saat Pelantikan Kepengurusan PCNU Lampung Tengah (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua PBNU, KH Zulfa Mustofa saat Pelantikan Kepengurusan PCNU Lampung Tengah (Foto: Istimewa)

Lampung Tengah, NU Online Lampung

Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Zulfa Mustofa mengatakan hendaknya usaha untuk mencapai visi Nahdlatul Ulama (NU) untuk membangun peradaban dunia dimulai dari membangun NU dari bawah.


“Bangunlah ukhuwah Nahdliyyah sebelum ukhuwah Islamiyah, sebab kita tidak akan pernah bisa bicara ukhuwah islamiyah kalau sebelum ukhuwah nahdliyyah kita perkuat,” ujarnya. 


Hal tersebut disampaikan dalam pelantikan kepengurusan PCNU Lampung Tengah masa khidmah 2022-2027 di Kompleks Pesantren Darussalamah, Kecamatan Terusan Nunyai, Kabupaten Lampung Tengah pada Ahad (21/8/2022) siang.   


“Warga NU agar memperkuat ke-NU-annya, yang mau di pemerintahan silakan. Dimanapun itu tunjukkan NU, ayo kita perkuat NU, jangan ribut, insyaallah NU akan maju,” ungkapnya. 


Lebih lanjut ia mengatakan kepada PCNU Lampung Tengah yang baru dilantik agar menjadi penyambung lidah antara pemerintah dan masyarakat. Kabupaten Lampung Tengah bisa maju jika seluruh elemen bersatu padu. 


“Seorang ulama NU memiliki kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual yang tinggi, sehingga dalam menyelesaikan masalah tidak hanya menggunakan akal namun juga hati,” paparnya.


Pelantikan PCNU Lampung Tengah masa khidmah 2022-2027 terasa sangat istimewa, karena dihadiri sejumlah kepengurusan PBNU antara lain Wakil Ketua Umum PBNU KH Zulfa Mustofa, Katib Syuriyah PBNU KH Muhyidin Thohir, A’wan PBNU KH Ahmad Ma’shum Abror, dan Ketua PBNU Prof KH Moh Mukri. Kemudian Ketua PBNU H Umarsyah, Ketua PBNU H Choirul Sholeh Rasyid, dan Wasekjen PBNU H Muhammad Faesal. 


Katib Syuriyah PBNU, KH Muhyidin Thohir berharap, agar PCNU Lampung Tengah bisa amanah. Kemudian bisa menjalankan roda organisasi sesuai Anggaran Dasar/ Anggaran Rumah Tangga (AD/ ART) dan perkumpulan NU, serta koheren mulai dari anak ranting NU, ranting NU, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU), Lembaga dan Badan Otonomnya. 


“Pengurus yang dilantik ini harus kompak, lebih mementingkan dan mengedepankan kepentingan perkumpulan dan umat bukan kepentingan pribadi. Apalagi PCNU Lampung Tengah atau Provinsi Lampung bersama Nusa Tenggara Barat dan NU di pulau Jawa masuk klasifikasi 1,” katanya. 


Lebih lanjut ia mengatakan PCNU Lampung Tengah harus amanah dan mampu membawa NU yang rahmatan lil ‘alamin. Apalagi melihat komposisi kepengurusannya yang luar biasa, orang-orang hebat dan ‘alim, seperti Bupati Lampung Tengah dan Wakil Bupati saja ikut dilantik,. "Selamat berkhidmah PCNU Lampung Tengah masa khidmah 2022-2027, merawat jagad membangun peradaban menuju 1 Abad Nahdlatul Ulama, " ujarnya. 


Sementara Ketua PBNU, Prof KH Moh Mukri mengatakan, menjadi pengurus NU merupakan amanat yang besar, karena NU merupakan organisasi yang besar.


“Memiliki anggota berjiwa besar, yang akan menciptakan kekuatan besar untuk membangun Kabupaten Lampung Tengah menjadi lebih baik,” ujarnya. 


Menurut Rektor UNU Blitar, Jawa Timur ini, pemimpin di Kabupaten Lampung Tengah ini ada Bupati dan Wakil Bupati yang merupakan kader asli NU, sehingga dapat bersatu padu bersama-sama untuk membawa PCNU Lampung Tengah menjadi maju dan sukses.


Ketua PCNU Lampung Tengah masa khidmah 2022-2027, KH Ngasifudin mengatakan, setelah agenda pelantikan PCNU Lampung Tengah, kegiatan dilanjutkan dengan sesi kegiatan berikutnya, yakni Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) PCNU Lampung Tengah. 


Selain dihadiri dari PBNU, agenda istimewa tersebut juga dihadiri oleh Ketua PWNU Lampung, utusan PCNU se-Provinsi Lampung, utusan 28 MWCNU se-Kabupaten Lampung Tengah dan 1 MWCNU istimewa. Kemudian perwakilan badan otonom dan lembaga, Kakanwil Kemenag Lampung, Ketua MUI Lampung, Ketua MUI Lampung Tengah, dan lainnya. (Akhmad Syarief Kurniawan)
 


Warta Terbaru