• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Selasa, 23 April 2024

Warta

Peringati Hari Santri Nasional 2023, PCNU Lampung Barat Jalin Sinergi dengan Bupati

Peringati Hari Santri Nasional 2023, PCNU Lampung Barat Jalin Sinergi dengan Bupati
Audiensi dan sinergi PCNU Lampung Barat dengan Bupati, Senin (16/10/2023). (Foto: Istimewa).
Audiensi dan sinergi PCNU Lampung Barat dengan Bupati, Senin (16/10/2023). (Foto: Istimewa).

Lampung Barat, NU Online Lampung

Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat, Nukman menerima kunjungan jajaran kepengurusan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) kabupaten Lampung Barat, Senin (16/10/2023).

 

Pertemuan itu berlangsung di ruang kerja Pj Bupati Lampung Barat yang dihadiri langsung Ketua PCNU Lampung Barat Imam Syafi’i dan sejumlah pengurus lainnya.

 

Kehadiran rombongan PCNU Lampung Barat itu dalam rangka silaturahim sekaligus mengundang Pj Bupati Lampung untuk hadir dalam acara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke-8 tahun 2023 tingkat Kabupaten Lampung Barat bertepatan pada Ahad, 22 Oktober 2023 mendatang.

 

Ketua PCNU Lampung Barat, Imam Syafi’i mengatakan, terdapat sejumlah rangkiaan kegiatan dalam peringatan HSN.

 

“Rangkaian kegiatan tersebut dimulai dengan adanya peserta kirab yang berkumpul di titik pertigaan Pekon (Desa) Sinar Jaya dan dilanjutkan berjalan menuju lapangan halaman Kantor Kecamatan Air Hitam,” ujarnya.

 

Ia mengatakan, kemudian dilanjutkan dengan pelaksanakan upacara, dan setelahnya yaitu pembagian hadiah lomba peringatan HSN 2023 di Lampung Barat.

 

Rencananya kegiatan puncak peringatan HSN yang memang rutin diaksanakan setiap tahun dipusatkan di Lapangan Kantor Kecamatan Air Hitam.

 

Seperti diketahui, Hari Santri Nasional atau HSN diresmikan Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015. Keppres diputuskan pada 15 Oktober 2015 didasari pada sejarah santri saat masa kolonial.

 

Ulama dan santri pondok pesantren berperan besar dalam perjuangan Indonesia merebut kemerdekaan. 

 

HSN menjadi momentum pengingat dalam meneladani dan melanjutkan semangat perjuangan dengan jalan jihad yang digelorakan ulama pada 1945. Peringatan Hari Santri 22 Oktober sebagai pengingat peristiwa bersejarah pada 22 Oktober 1945.

 

Sementara itu, Pj Bupati Lampung Barat, Nukman  menyampaikan, menyambut baik atas rencana rangkaian kegiatan HSN yang akan dilaksanakan tersebut.

 

“Terima kasih juga atas kunjungan dari jajaran kepengurusan PCNU Lampung Barat untuk koordinasi tentang HSN 2023, dan menjalin silaturrahim,” katanya.

 

Ia melanjutkan, semoga kegiatannya lancar dan terima kasih atas program yang dilaksanakan oleh PCNU Lampung Barat.

(Duta Suhanda)


Warta Terbaru