• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 4 Juli 2022

Warta

Pelajar MA Ma’arif NU di Pringsewu Temukan Alat Sterilisasi Otomatis Ultraviolet

Pelajar MA Ma’arif NU di Pringsewu Temukan Alat Sterilisasi Otomatis Ultraviolet
Pelajar MA Ma’arif NU di Pringsewu Temukan Alat Sterilisasi Otomatis Ultraviolet
Pelajar MA Ma’arif NU di Pringsewu Temukan Alat Sterilisasi Otomatis Ultraviolet

Pringsewu, NU Online Lampung
Pelajar Madrasah Aliyah (MA) Ma’arif NU Keputran Kecamatan Sukoharjo, Pringsewu, Lampung berhasil membuat sebuah alat yang bisa digunakan untuk mensterilisasi sebuah benda agar bersih dari virus. Teknologi alat ini berbasis otomatis dan menggunakan sinar ultraviolet untuk membunuh kuman atau virus pada sebuah benda.


Adalah Nazwa Ribhi Antika dan Beni Wahyu Saputra, dua pelajar MA Ma’arif NU Keputran yang berhasil merancang alat yang menggunakan sensor jarak untuk membuka dan menutupnya. Dengan mendekatkan tangan ke alat tersebut, maka otomatis alat yang berbentuk box atau kotak tersebut akan terbuka dan tertutup sendiri.


Saat mempraktikkan cara kerja alat tersebut, ke dua pelajar kreatif ini memperlihatkan bagaimana alat ini mampu membersihkan uang dan pena dari kuman. “Perlu diketahui bahwa alat ini menggunakan sensor jarak jadi sehingga tidak perlu disentuh,” kata  Nazwa Ribhi Antika, Rabu (18/5/2022).


Langkah pertama adalah dengan meletakkan telapak tangan di atas alat tersebut tanpa menyentuhnya. Kemudian secara otomatis, tutup yang ada di bagian atas alat itu pun terbuka.


Langkah kedua adalah memasukkan uang dan pena tersebut ke dalam alat sterilisasi tersebut  selama 15 menit. Selama itu, uang dan pen tersebut akan tersinari oleh sinar ultraviolet sekaligus masa sterilisasi di dalam kotak. Setelah 15 menit, maka secara otomatis tutupnya akan terbuka sendiri dan alat yang sudah disterilisasi sudah bisa digunakan kembali.


Alat ini sendiri sudah mendapatkan penghargaan dari Badan Perencanaan dan Pembangunan daerah (Bappeda) Kabupaten Pringsewu dalam Lomba Teknologi Tepat Guna Tingkat Kabupaten Pringsewu Tahun 2022.


Keberhasilan ini melengkapi prestasi serupa yang pernah ditorehkan oleh pelajar MA Ma’arif NU Keputran pada tahun 2018. Saat itu pelajar madrasah tersebut yang bernama Fitri Dwi Yunita dan Amelia Wardatul Ula terpilih menjadi nominator pada Lomba Anugerah Inovasi Daerah Provinsi Lampung tahun 2018.


Mereka berhasil mengharumkan nama madrasah serta Kabupaten Pringsewu dengan penemuan teknologi tepat guna yaitu Alat Pengaman Kandang Ternak Berbasis Microcontroller Dan Mobile Application. Alat ini berhasil menyisihkan ratusan peserta lainnya dan berhak mewakili Pringsewu di ajang bergengsi tingkat Provinsi Lampung untuk kategori pelajar. (Muhammad Faizin)


Editor:

Warta Terbaru