• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Jumat, 1 Maret 2024

Warta

Ansor dan Kemenag Lampung Timur Gelar Mujahadah Haji

Ansor dan Kemenag Lampung Timur Gelar Mujahadah Haji
Ansor dan Kemenag Lampung Timur Lampung Timur Gelar Mujahadah Haji (Foto: Istimewa)
Ansor dan Kemenag Lampung Timur Lampung Timur Gelar Mujahadah Haji (Foto: Istimewa)

Lampung Timur, NU Online Lampung 

Pengurus Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Lampung Timur menggelar acara halal bi halal dan Mujahadah Haji 1444 H di Aula Gedung Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Lampung Timur, Kecamatan Sukadana, Jumat (2/6/2023).


Ketua PC GP Ansor Lampung Timur, H M Muslih mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan bersama Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lampung Timur bertujuan menguatkan silaturahim dan komunikasi antara Kemenag dan Ansor.


“Selain halal bi halal, kegiatan juga dalam rangka mendoakan jamaah haji Indonesia, khususnya asal Kabupaten Lampung Timur agar senantiasa diberikan kekuatan, keamanan, kesehatan, dan kemabruran haji,” ujarnya.


Ia mengatakan juga dalam rangka mendoakan pemerintah, khususnya Kemenag Lampung Timur agar diberi kesuksesan dalam proses melayani jamaah haji Indonesia.


“Kegiatan mujahadah ini, kami laksanakan selain sebagai wujud kepedulian terhadap sesama. Juga didasari atas instruksi Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda Ansor dan Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda Ansor Lampung,” kata Dosen Universitas Ma’arif Lampung itu. 


Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lampung Timur, H Indrajaya menyampaikan, jamaah haji Lampung Timur 2023 ini mayoritas berusia lansia di atas 60 Tahun. 


“Oleh karena itu, mari panjatan doa dari seluruh masyarakat muslim Lampung Timur termasuk di antaranya adalah PC GP Ansor Lampung Timur sangat kami harapkan. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan atas kepedulian sahabat-sahabat PC GP Ansor Kabupaten Lampung Timur,” ungkapnya.


Sekretaris PCNU Kabupaten Lampung Timur, H Abdul Latif menyampaikan, PCNU Kabupaten Lampung Timur mengapresiasi langkah-langkah dan kegiatan PC GP Ansor Kabupaten Lampung Timur. 


“Acara mujahadah ini sangat baik dan positif sebagai wujud PC GP Ansor Lampung Timur senantiasa menjaga amaliah dan nilai-nilai luhur paham Aswaja An-Nahdliyyah,” katanya.


Ia berharap, PC GP Ansor Kabupaten Lampung Timur tetap istiqamah dalam berkhidmat dan selalu melakukan koordinasi dalam setiap kegiatan seperti yang selama ini telah dilaksanakan.


Kegiatan mujahadah haji ini diimami oleh Pengasuh Pondok Pesantren Assahil, Kecamatan Waway Karya yang juga Kepala Seksi Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam (Kasi PAPKI) Kemenag Lampung Timur KH Tsauban, dan ditutup dengan doa oleh Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Lampung KH Miftahudin. 


Turut hadir dalam acara tersebut jajaran pengurus PC GP Ansor Kabupaten Lampung Timur, Ketua dan Sekretaris Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor se-Kabupaten Lampung Timur, serta Kepala Saturan Koordinasi Rayon (Kasatkoryon) Banser se-Lampung Timur.


Adapun dari Kemenag Lampung Timur turut hadir Kasubag TU Kemenag H Masturi, Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad) H Daroji, Penyelenggara Wakaf dan Zakat, serta Pelaksana Tugas (Plt) Kasi Bimbingan Masyarakat (Binmas) Khusaini. 

(Akhmad Syarief Kurniawan)
 


Warta Terbaru