• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Minggu, 25 September 2022

Syiar

9 Kesunnahan di Hari Jumat

9 Kesunnahan di Hari Jumat
kaligrafi jumat
kaligrafi jumat

Hari Jumat merupakan hari yang paling istimewa diantara hari-hari yang lainnya. Saking istimewanya hingga diberi gelar dengan Sayyidul Ayyam (tuannya para hari). Maka dari itu, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah pada hari mulia ini. Terutama sebelum menjelang shalat Jumat. 

 

Ada banyak ibadah sunah yang dapat kita kerjakan sebelum shalat Jumat, salah satunya 9 sunnah di bawah ini:  

 

Pertama, Mandi

 

Bagi umat Islam disunnahkan mandi sebelum shalat Jumat, dimulai sejak fajar hingga sebelum shalat Jumat ditegakkan. Sebagai ibadah sunnah, mandi bukan syarat sah shalat Jumat, sehingga tidak perlu khawatir jika tidak sempat mandi. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar ra.

 

Artinya: Dari Ibnu Umar ra, Rasulullah saw bersabda, "Apabila salah seorang di antara kalian mendatangi shalat Jumat, maka hendaklah ia mandi (HR Bukhori dan Muslim).

 

Dari hadits di atas, Rasulullah saw menganjurkan untuk mandi sebelum shalat Jumat, itulah kenapa mandi sebelum Jumatan menjadi sunnah bagi umat Islam. 

 

Kedua, Potong kuku dan kumis

 

Ibadah sunnah selanjutnya adalah potong kuku dan kumis yang dilakukan sebelum shalat Jumat. Sebagaimana yang bersumber dari Abu Jafar yang diambil dari kitab Assunanul Kubro.

 

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْتَحِبُّ أَنْ يَأْخُذَ مِنْ شَارِبِهِ وَأَظَافِرِهِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ

 

Artinya: Nabi SAW biasa mencukur kumis dan kukunya di hari Jumat  (HR Imam Al-Baihaqi).

 

Ketiga, Berpakaian yang putih, rapi dan bersih

 

Memakai pakaian yang berwarna putih menjadi kesunnahan juga bagi umat Islam ketika akan menunaikan ibadah shalat Jumat. Dengan memakai pakaian putih tentunya yang suci juga bersih menjadikan kita, umat Islam sebagai pengamal sunnah Nabi saw. Dan menggunakan pakaian putih juga bisa mengingatkan kita kepada pakaian akhir hayat di dunia, yakni kain kafan. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan Ibnu Majjah. 

 

Artinya: Kenakanlah pakaian warna putih karena pakaian tersebut lebih bersih dan paling baik. Kafanilah pula orang yang mati di antara kalian dengan kain putih. (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah).

 

Keempat, Menggunakan parfum atau wangi-wangian

 

Setelah mandi, memotong kuku dan mencukur kumis, serta menggunakan pakaian putih, maka kesunnahan selanjutnya yakni menggunakan parfum atau sesuatu yang berbau wangi di pakaian dan tubuh kita. Akan tetapi yang perlu diperhatikan yakni, parfaum dan wewangiannya tetap suci atau berasal dari sesuatu yang suci. Maka kesunnahan menggunakan wewangian disebutkan di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majjah. 

 

Artinya: Hari ini (jum'at) adalah hari raya yang dijadikan Allah swt untuk umat Islam. Bagi siapa yang ingin melaksanakan shalat Jumat, hendaklah mandi, memakai wangi-wangian kalau ada, dan menggosok gigi (siwak) (HR: Ibnu Majah).

 

Kelima, Membaca doa ketika keluar rumah

 

Sebenarnya membaca doa ketika keluar rumah bukan hanya kesunnahan di hari Jumat saja, akan tetapi setiap waktu keluar rumah. Karena sesuatu yang dibacakan doa akan memberikan keberkahan tersendiri bagi yang berdoa dan bagi yang didoakan. Dan membaca doa ketika keluar rumah menuju masjid yang paling ringkas yakni.

 

Bismillahi tawakkaltu alallah, laa haulaa walaa quwwata illaa billaah.

 

Artinya: Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.

 

Keenam, Segera menuju masjid

 

Jika tidak ada aktivitas lain, sebaiknya segera menuju masjid untuk menunaikan ibadah lain sebelum sholat Jumat. Imam al-Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah menjelaskan tidak terlambat ke masjid adalah salah satu keutamaan shalat Jumat.

 

Imam Ghazali juga mengatakan, jaraknya dekatnya manusia melihat Allah swt saat kiamat bergantung dari waktu datang shalat Jumat. Makin cepat datang maka semakin dekat jaraknya untuk melihat Tuhan.

 

Ketujuh, Masuk masjid dengan kaki kanan

 

Setelah sampai, sebaiknya segera masuk masjid dengan kaki kanan terlebih dulu. Ketika menuju masjid juga jangan lupa berdoa untuk berharap pahala dan ridha Allah swt. dan setelah masuk masjid jangan lupa melafalkan niat Itikaf, agar segala sesuatu yang baik yang kita kerjakan mendapatkan pahala yang berlipat. 

 

Nawaitu I’tikaafa fii hadzal masjid sunnatan lillahi ta’ala

 

Artinya: Saya niat itikaf di dalam masjid, sunnah karena Allah ta’ala 

 

Kedelapan, Shalat Tahiyatul Masjid


Saat masuk masjid kita disunnahkan untuk shalat Tahiyatul Masjid. Shalat sunnah dua rakaat ini dilakukan sebelum kita duduk di masjid menunggu shalat Jumat, seperti tertulis dalam hadis.

 

إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمْ الْمَسْجِدَ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ أَنْ يَجْلِ

 

Artinya:  Jika salah seorang dari kalian masuk masjid, maka hendaklah dia shalat dua rakaat sebelum dia duduk." (HR Bukhari dan Muslim).

 

Shalat sunnah Tahiyatul Masjid bisa dilakukan dalam bentuk shalat sunnah wudhu atau rawatib, asal dilakukan sebelum duduk. Ibadah ini tidak perlu diniatkan sendiri, karena tidak ada hadist khusus terkait Tahiyatul Masjid. Shalat sunnah ini adalah penamaan dari para ulama untuk menandai ibadah setelah masuk masjid.

 

Kesembilan, Diam dan fokus

 

Ketika sudah berada di masjid sangat disarankan tidak banyak berbicara, tenang, dan memperbanyak doa serta berzikir. Bahkan kita dilarang untuk mengucapkan satu katapun ketika khatib telah naik mimbar untuk membacakan khotbah Jumat. Dan jika tetap ngobrol atau berkata, maka shalatnya akan menjadi sia-sia. Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim.

 

إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ يَوْمَ الْجُمْعَةِ: (أَنْصِتْ) وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغَوْتَ

 

Artinya: Jika kamu berkata kepada temanmu, "Diamlah" sementara imam sedang berkhutbah di hari jumat, sungguh ia telah berbuat sia-sia (HR Bukhari dan Muslim).

 

Itulah sembilan dari kesunnahan yang bisa dilakukan oleh kita ketika hendak menunaikan ibadah shalat Jumat. Meski sunnah, akan tetapi jika dikerjakan akan menjadi pelengkap dari shalat wajib.


Syiar Terbaru