• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Minggu, 5 Februari 2023

Kiai Menjawab

Terpaksa Jadi Imam Sholat Karena Corona, Apa Bacaan Zikirnya?

Terpaksa Jadi Imam Sholat Karena Corona, Apa Bacaan Zikirnya?

Assalamu’alaikum Pak Kiai/Ustad

Bulan Ramadhan ini, setelah berlakunya larangan/anjuran untuk Sholat Tarawih di rumah karena Pandemi Virus Corona, membuat saya memutuskan untuk tidak pergi berjamaah di masjid atau mushola.

Ini adalah kali pertama saya tidak jemaah di masjid. Namun, akibatnya, saya terpaksa harus jadi imam (pimpinan sholat) karena keluarga saya semuanya perempuan dan anak-anak.

Masalahnya adalah saya belum banyak tahu soal bacaan-bacaan zikir dan doa setelah sholat. Mohon bimbingan Pak Kiai/Ustad soal ini. Terimakasih atas jawabannya.

Sahrul

(Tanjungsenang)

Jawab

Wa’alaikumsalam warahmatullah

Saudara penanya yang budiman. Syariat Islam itu dalam pelaksanaannya tidak membebani atau memberatkan ummatnya, terutama dalam hal ibadah.

Seperti halnya Shalat Tarawih yang saudara tanyakan, bagaimana jika tidak hafal doa-doa atau dzikir? Islam membolehkan kita  melihat catatan, dzikir dan doa setelah Tarawih. Agama islam itu mudah. Tidak akan mempersulit pemeluknya untuk menjalankan ibadah. Wallahu ‘alam bissawab

(Dijawab oleh Ust. Ahmad Sukandi, Wakil Rois Syuriah PCNU Bandar Lampung)


Editor:

Kiai Menjawab Terbaru